Mohon tunggu...
W. Bintang
W. Bintang Mohon Tunggu... Variety Writer

-

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

5 Pertanyaan untuk Menjelaskan TikTok

16 Maret 2021   11:22 Diperbarui: 16 Maret 2021   11:47 946 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Pertanyaan untuk Menjelaskan TikTok
TikTok sebagai media sosial yang viral (Nitish Gupta/Pixabay)

TikTok adalah salah satu media sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunia yang menghadirkan cara unik berbagi momen dengan orang lain. Tiktok memungkinkan pengguna membuat video pendek dengan musik, filter, dan beberapa fitur lainnya.

Unggahan TikTok kadang lucu, atau kadang cringe seperti "Orang Kaya Buka Celengan" yang baru -- baru ini viral di Indonesia. Tiktok sendiri digandrungi oleh negarawan muda di Barat, namun dianggap tidak beradab di negara lain. Terlepas dari itu, jelas pengguna TikTok ketagihan untuk terus menggunakan aplikasi ini.

Sebelum tulisan ini berubah menjadi kritikan atas budaya TikTok dari seorang penulis yang tidak menggunakannya, mari kita lihat TikTok sebagai suatu hiburan dan bisnis. Berikut 5 soalan beserta jawaban yang ada atas TikTok disarikan dari Oberlo.com.

1. Berapa Banyak Pengguna yang Dimiliki TikTok?

TikTok diluncurkan pada September 2016, dan dalam tiga tahun sejak diluncurkan, dapat dikatakan bahwa popularitasnya telah meledak. TikTok memiliki 800 juta pengguna aktif di seluruh dunia (Datareportal, 2020). Itu menjadikan TikTok ke-9 dalam hal situs jejaring sosial, di depan situs yang lebih terkenal seperti LinkedIn, Twitter, Pinterest, dan Snapchat.

Menarik untuk menunjukkan bahwa 150 juta pengguna aktif harian ada di China, yang sebagian besar menggunakan aplikasi versi China, yang disebut Douyin. TikTok secara khusus disambut dengan antusias oleh banyak negara Asia seperti Kamboja, Jepang, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Hanya untuk memberi Anda gambaran tentang bagaimana kinerja aplikasi lain dibandingkan, Instagram membutuhkan enam tahun sejak peluncurannya untuk mendapatkan jumlah pengguna aktif bulanan yang sama dengan yang berhasil dicapai TikTok dalam waktu kurang dari tiga tahun. Di tempat lain, Facebook baru bisa mencapai angka pengguna aktif bulanan yang sama setelah berdiri lebih dari empat tahun.

2. Berapa Banyak User Mengunduh Aplikasi TikTok?

Pada Februari 2019, TikTok mencapai 1 miliar unduhan. Dalam delapan bulan setelahnya, aplikasi hanya membutuhkan waktu kurang dari delapan bulan untuk mendapatkan setengah miliar lagi. Angka-angka ini sangat mengesankan, mengingat aplikasi ini diluncurkan baru-baru ini pada tahun 2016.

Saat ini, pertumbuhan TikTok tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Statistik TikTok terbaru menunjukkan bahwa per April 2020, aplikasi video populer telah diunduh lebih dari dua miliar kali di seluruh dunia di Apple App Store dan Google Play (Sensor Tower, 2020). Dengan kata lain, TikTok dapat menggandakan jumlah unduhannya hanya dalam waktu satu tahun --- tanda yang jelas dari popularitas aplikasi yang meroket.

3. Apa Yang Membuat Remaja Jatuh Hati Kepada TikTok?

41 persen pengguna TikTok berusia antara 16 dan 24 tahun (Globalwebindex, 2019). Ini sesuai dengan tujuan pembuat aplikasi yang memutuskan pasar di sekitar 18 tahun sebagai target audiens mereka sejak awal.

Baca juga: "Di Zaman TikTok, Masih Relevankah Banyak Anak Banyak Rezeki?" oleh H.I.M

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN