Mohon tunggu...
wildan zamzami
wildan zamzami Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Gaada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Deskripsi UIN

1 Oktober 2022   18:33 Diperbarui: 1 Oktober 2022   18:35 67 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kampus ku
Kampusku bernama Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Letaknya itu berada di Ciputat, Tangerang Selatan, lebih tepatnya di Cempaka Putih, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten. Kampus ku itu besar, lebar, bersih, dan indah. Ada sekitar 13 fakultas disana, disana itu ada fakultas ilmu dakwah dan komunikasi, ekonomi dan bisnis, sains dan teknologi, serta ilmu kesehatan, dan masih banyak lagi fakultas-fakultas yang lain.
Saya pernah lihat di artikel, UIN Jakarta menyandang nama Syarif Hidayatullah yang merupakan nama asli dari salah satu Walisongo, yaitu Sunan Gunung Jati. Sunan Gunung Jati memiliki peran yang besar dalam penyebaran Islam di Sunda Kelapa (Jakarta) pada masanya.
Pendirian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berawal dari dibentuknya Akademi Dinas Ilmu Agama (ADIA) sebagai akademi dinas Departemen Agama pada 1 Juni 1957. Seiring berjalannya waktu, akhirnya kampus ini menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan terbitnya Keputusan Presiden RI No. 031 Tanggal 20 Mei 2002. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mendapatkan akreditasi "A" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tahun 2018 berdasarkan Surat Keterangan 25/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Akreditasi tersebut berlaku hingga tanggal 27 Februari 2023.
UIN Jakarta memiliki gedung fakultas yang umumnya terdiri dari tujuh lantai. Masing-masing gedung fakultas UIN memiliki perpustakaan dengan berbagai koleksi buku yang sesuai dengan bidangnya. Kemudian, terdapat ruang teater yang memiliki kapasitas sekitar 150 tempat duduk untuk berbagai kegiatan, seperti seminar. Selain itu, tersedia musala di beberapa lantai fakultas. Setiap fakultas juga memiliki taman rindang yang mendukung suasana pembelajaran menjadi lebih nyaman. Moto yang ditetapkan oleh UIN Syarif Hidayatullah adalah Knowledge, Piety, Integrity. Knowledge atau ilmu pengetahuan mengandung arti bahwa UIN Jakarta berkomitmen untuk menciptakan manusia yang cerdas, kreatif, serta inovatif. Piety atau religius bermakna bahwa UIN Syarif Hidayatullah bertujuan untuk mengembangkan insan yang saleh di kalangan sivitas akademikanya. Terakhir adalah Integrity atau integritas. Artinya, UIN Syarif Hidayatullah ingin membentuk pribadi yang berpatokan pada nilai-nilai etis sebagai dasar pengambilan keputusan dan perilaku.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan