Mohon tunggu...
Wildan Fajar Hafiyyan
Wildan Fajar Hafiyyan Mohon Tunggu... Mahasiswa Manajemen Komunikasi Informasi Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta

Saya adalah mahasiswa Manajemen Komunikasi Informasi semester 4 di Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta. Saya ingin memperluas ilmu dan pengetahuan saya salah satunya dengan Journaling. Semoga karya-karya saya dapat di terima, dibaca dengan baik, dan dapat manfaaat yang banyak dari artikel saya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Endorsement Instagram @fadiljaidi dalam Membentuk Opini Publik Menjelang Lebaran

13 April 2025   22:41 Diperbarui: 13 April 2025   23:05 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fadil menerima endorse daster dan kain kafan (Sumber instagram.com/fadiljaidi)

Dengan penyebaran informasi yang semakin luas di era digital ini, teknologi informasi dan komunikasi (ICT) telah mengubah cara masyarakat berinteraksi, berkomunikasi, dan membentuk opini publik. ITC sebagai suatu perkembangan teknologi yang merupakan penggabungan dari beberapa komputer melalui jalur komunikasi dengan kecepatan tinggi. Penggabungan ini memungkinkan transfer data dan video dengan cepat dan efisien. Salah satu fenomena yang menonjol adalah penggunaan media sosial sebagai platform untuk mempromosikan produk dan membentuk opini publik.

Figur publik yang melakukan kegiatan promosi di media sosial disebut dengan influencer. Influencer berasal dari bahasa Inggris yang berarti orang yang memberikan pengaruh. Influencer media sosial adalah orang-orang yang telah membangun jaringan sosial dengan jumlah pengikut yang cukup banyak dan jumlah pengikut tersebut merepresentasikan tingkat popularitas mereka. Dengan jumlah pengikut yang banyak, influencer memiliki pengaruh yang besar terhadap persepsi dan opini publik. Salah satu influencer yang memiliki dampak besar di Indonesia adalah @fadiljaidi. Dengan gaya komunikasinya yang menarik, unik, dan humoris. Fadil berhasil menarik perhatian banyak orang tentang mempromosikan produk, terutama menjelang momen lebaran.

Profil Fadil Jaidi

Fadil Jaidi bernama lengkap Fadil Muhammad Jaidi Fadil keluarga keturunan Arab dari ayah dan ibunya. Lahir di Bekasi 17 Oktober 1994, Fadil berasal dari keluarga yang hangat dan dekat. Fadil Jaidi anak kedua dari tiga bersaudara, lahir dari pasangan Muhammad Jaidi dan Wardah Al Ganis. Fadil memiliki kakak laki-laki bernama Yislam Jaidi dan adik perempuannya bernama Dilla Jaidi. Fadil menyelesaikan studinya di LSPR (London School Public Relations), di mana ia meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi pada tahun 2014.

Bagaimana Gaya Komunikasi yang Dilakukan @fadiljaidi dalam Melakikan Endorsement

Gaya komunikasi endorsement yang dilakukan oleh influencer @fadiljaidi, menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif dalam menarik perhatian publik, terutama menjelang momen-momen penting seperti Lebaran. Dengan lebih dari 9 juta pengikut di instagram, Fadil Jaidi memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk pola komunikasi dan opini publik di kalangan generasi muda.

Awal mula gaya komunikasi unik yang dilakukan @fadiljaidi dalam meng-endorse suatu produk bermula dari keseharian Fadil yang selalu jahil terhadap keluarganya, khususnya ayah Fadil (Pak Muh). Konten pertamanya yaitu di YouTube dengan judul "SAHUR HARI PERTAMA" ini tembus sampai dengan 1,8 Juta penonton. Isi video pertama Fadil ini menunjukkan bagaimana keseruan sahur di hari pertama Fadil sekeluarga beserta ke kocakkan yang Fadil lakukan. Selain menceritakan keseharian dan kekocakkan keluarganya ke YouTube, Fadil juga mengupload ke berbagai platform seperti Tiktok dan Instagram. Seiring berjalannya waktu dengan personal branding Fadil yang semakin naik dan selalu melibatkan kekocakan keluarga nya, Fadil mulai mendapat berbagai tawaran salah satunya yaitu endorsement.

Endorsement yang dilakukan oleh Fadil memiliki ciri khas dibanding influencer lainnya, yaitu di setiap video endorsement yang Fadil lakukan terdapat drama dan cerita lucu yang Fadil lakukan. Berikut ini elemen penting dari gaya unik dan komunikasi Fadil Jaidi dalam endorsement produk :

  • Humor adalah senjata utama : Salah satu ciri paling menonjol dari Fadil adalah humornya yang ringan, spontan, dan relatable. Dalam konten endorse-nya, ia menyisipkan unsur komedi yang membuat penonton tidak merasa sedang "dijualin sesuatu," tapi lebih seperti menonton hiburan. Humor ini menciptakan emotional engagement yang jauh lebih efektif daripada promosi yang datar atau skrip yang kaku. Contoh: Saat endorse produk rumah tangga, ia sering berpura-pura ribut dengan ayahnya (Pak Muh) dalam konteks lucu. Di tengah percakapan yang kocak, ia menyisipkan promosi produk secara natural dengan bahasa sehari-harinya.
  • Bahasa yang santai dan ceplas-ceplos: Fadil menggunakan bahasa sehari-hari yang santai, terkadang diselingi slang khas anak muda atau dialog Betawi-Jakarta-Bekasi bersama keluarganya yang membuat kontennya semakin menarik perhatian dan menciptakan kedekatan emosional dengan audiens.
  • Menerapkan soft-selling bukan hard-selling : Produk yang di-endorse Fadil bukan menjadi fokus utama dalam kontennya, secara alami dalam alur cerita alami atau sketsa komedi yang dibuat. Fadil menunjukkan pengalaman pribadi menggunakan produk tersebut, sehingga pesan yang muncul adalah "Gue suka celana ini, ternyata dipakai enak, adem, ga bikin gatel." Bukan "Ayo beli sekarang juga! Cuma hari ini!". Gaya ini lebih efektif dalam membangun trust jangka panjang karena terasa jujur dan tidak mengintimidasi.

Dampak ICT Terhadap Endorsement @fadiljaidi Membentuk Opini Publik Menjelang Lebaran

  • Membentuk opini dan persepsi publik: Ketika @fadiljaidi dengan followers yang banyak  dalam merekomendasikan produk tertentu, dengan gaya komunikasi yang unik, audiens lebih cenderung untuk menerima dan mempercayai informasi tersebut. Dengan menyampaikan konten yang relevan dengan produk endorsement-nya dapat membantu membentuk persepsi positif tentang produk dan brand. Contohnya, followers @fadiljaidi melihat banyak orang membahas dan merekomendasikan produk yang di-endorse oleh Fadil, mereka juga mungkin merasa terdorong untuk mencobanya dan membelinya berdasarkan opini publik yang telah terbentuk.
  • Membangun kepercayaan dan autentisitas: Melalui konten-konten yang jujur dan transparan dalam endorsement-nya, Fadil memperkuat hubungannya dengan para pengikutnya dan para mitra yang bekerja sama dengan fadil. Testimoni positif dari followersnya yang juga dibagikan melalui platform digital semakin memperkuat kredibilitas endorsement Fadil, terlebih menjelang Lebaran. Selain itu, testimoni yang didapat melalui mitra yang bekerjasama dengan Fadil juga berdampak positif pada penjualan produk, branding, dan keulasan pelanggan terhadap produk yang Fadil endorse.
  • Memfasilitasi e-commerce dan transaksi: ICT secara langsung memfasilitasi transaksi jual beli produk yang di-endorse. Tautan (link) yang disertakan dalam postingan video atau kode promo khusus memudahkan audiens untuk langsung membeli produk yang mereka lihat di konten @fadiljaidi. Kemudahan ini sangat relevan menjelang dimasa lebaran, di mana orang cenderung mencari solusi belanja yang cepat dan praktis.

Gaya unik komunikasi Fadil Jaidi dalam endorsement produk telah terbukti efektif dalam menarik perhatian publik serta membangun hubungan emosional dengan audiensnya. Fadil mampu menarik perhatian dan memengaruhi keputusan audiensnya secara signifikan terlebih penggaruh opini publik dan pembelian terhadap konten endorsement Fadil menjelang lebaran. Dengan terus memanfaatkan kekuatan ICT dan beradaptasi dengan preferensi audiensnya, Fadil berhasil menciptakan konten endorsement yang tidak hanya informatif tetapi juga menghibur. Ini menunjukkan bahwa keberhasilan dalam pemasaran melalui media sosial tidak selalu memerlukan konsep yang mewah, gaya komunikasi, keaslian, dan keterhubungan emosional adalah kunci untuk mencapai dampak yang signifikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun