Mohon tunggu...
Wiji Pasiani
Wiji Pasiani Mohon Tunggu... Lainnya - Sedang Belajar Menulis

Alhamdulillah atas segala nikmat yang Allah berikan, i'm alive.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Peluncuran Buku Antologi Esai bersama KJRI Hong Kong

6 September 2022   18:02 Diperbarui: 6 September 2022   18:06 149 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto: Peluncuran Buku Antologi Esai bersama Bapak Ricky Suhendar selaku Konsul Jenderal RI di Hong Kong

Banyaknya jumlah organisasi, komunitas, layanan sosial yang didedikasikan untuk para PMI, maka banyak ragam kelas maupun ketrampilan yang disediakan guna meningkatkan produktivitas PMI. Salah satunya adalah kelas menulis esai yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong Macau. 

Bagi para penata laksana rumah tangga yang mempunyai hobby menulis, ini merupakan kesempatan emas di mana para PMI dapat mengembangkan diri dalam hal menulis, mengasah kemampuan merangkai kata, menuangkan ide, pendapat dan gagasan. Sebab biasanya, banyak yang menulis hanya sebatas diary hanya untuk bantal tidur. 

Kelas menulis yang dadakan oleh KJRI yakni menulis esai dengan topik seputar PMI. Esai bisa tentang kehidupan sehari-hari PMI, tentang kehidupan masyarakat Hong Kong, tentang tujuan memilih bekerja di Hong Kong dan sebagainya.  Kelas menulis esai mendapat sambutan yang sangat antusias, terdapat sebanyak 132 peserta.

Foto: dokumen pribadi
Foto: dokumen pribadi

KJRI bersama Kak Achi TM selaku pendiri Lembaga Pengembangan Talenta RUMAH PENA memberikan bimbingan menulis esai dari awal hingga peluncuran buku. Kak Achi TM sendiri, merupakan seorang penulis 35 novel dan penulis naskah skenario TV (serial, sinetron, dan FTV). 2 di antara novel beliau telah diangkat ke layar lebar yaitu novel Insya Allah SAH dan Insya Allah SAH 2. Selebihnya, beliau juga menulis esai dan cerpen di beberapa antologi.

Seiring berjalannya waktu pembelajaran dan karena berbagai kendala sebagai PMI yang harus menjalankan kewajiban sebagai penata laksana rumah tangga, peserta berkurang hingga menjadi 30.

Foto: Buku Antologi Esai 
Foto: Buku Antologi Esai 

Hari Minggu, 04-09-2022 acara peluncuran buku diadakan di Gedung Ramayana KJRI. Dimulai dari pukul 11.00 -12.00 waktu Hong Kong dengan dihadiri oleh Bapak Ricky Suhendar selaku Konsul Jenderal RI di Hong Kong bersama para tamu undangan lainnya yaitu pimpinan BUMN dan BUMS beserta jajaran di antaranya: General Manager (GM) BNI Hong Kong: Ibu Endah Tjahjani; GM Bank Mandiri HK: Ibu Venda Yuniarti; Chief Representative Bank BRI HK: Bapak Adly Yusrizal; Chairman INACHAM HK: Bapak Tjia Boen Sien; GM Tugu Insurance: Ibu Sherly Oktavia; Perwakilan Telin HK; Bank BCA; dan Garuda Indonesia HK. 

Selaku PMI, saya pribadi senang dengan kegiatan ini. Dikarenakan di samping belajar untuk menjadi penulis, kegiatan ini dapat menjadi self-healing di saat suntuk dengan berbagai rutinitas sebagai asisten rumah tangga.

Foto: dokumen pribadi
Foto: dokumen pribadi

***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan