Mohon tunggu...
Wiji Pasiani
Wiji Pasiani Mohon Tunggu... Lainnya - Sedang Belajar Menulis

Alhamdulillah atas segala nikmat yang Allah berikan, i'm alive.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Baju Kebaya Tetap Menjadi Andalan Meski di Negeri Seberang

2 September 2022   23:55 Diperbarui: 2 September 2022   23:58 253 10 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wisudawati Universitas Terbuka Pokjar Hong Kong

Tidak bisa dipungkiri, baju kebaya memang anggun nan elegan. Pantas dikenakan oleh berbagai usia. Mulai dari orang tua, pejabat dan bahkan anak-anak seusia SD saat mengenakan baju kebaya akan terlihat menggemaskan. Pun cocok dikenakan dalam beragam suasana saat kondangan, hajatan, syukuran, wisuda dan berbagai acara formal lainnya.

Komunitas pecinta kebaya akan mengajukan baju kebaya sebagai Warisan Budaya Dunia Tak Benda ke UNESCO. Gerakan kebaya goes to UNESCO, resmi mulai tanggal 9 Agustus hingga 9 Desember 2022.

Seperti yang kita tahu bahwa  baju kebaya yang paling populer yaitu dari bahan kain brokat. Meskipun kain brokat sendiri ada banyak jenisnya seperti brokat lokal, semi Prancis, dan brokat Prancis. Kebaya Nusantara tidak hanya dimiliki oleh Negara tercinta Indonesia, bahkan negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam serta Singapura juga mempunyai baju serupa. Banyaknya ragam kebaya seperti kebaya Jawa, kebaya Kutubaru, kebaya Bali dan lain sebagainya menambah pilihan bagi yang ingin tampil memukau. 

Selain suatu kebanggaan tersendiri, memakai baju kebaya di negeri orang merupakan cara dalam memperkenalkan bentuk kearifan lokal budaya bangsa. Kebaya Nusantara masih akan tetap menjadi baju andalan khususnya saat wisuda baik dalam pendidikan formal maupun non formal.

Sebagai warga Negara Indonesia yang tengah mencari kualitas hidup yang lebih baik di negeri orang yakni di area Hong Kong, tidak hanya melulu bekerja saja. Namun tak sedikit dari sekian jumlah PMI yang mencari "kesibukkan" guna menjadikan bekal sekembalinya ke tanah air. Ada yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, mengikuti berbagai kursus, seperti kursus kecantikan, kursus menjahit, kursus membuat roti dan lain sebagainya. Yang ketika telah selesai menjalani maka saat wisuda diwajibkan untuk mengenakan baju kebaya.

Naah, pada saat inilah kesempatan untuk mengenalkan kearifan lokal dalam bentuk baju kebaya kepada masyarakat Hong Kong. Di mana masyarakat lokal termasuk majikan saya saat melihat, mereka berkomentar "woa your dress is so beautiful". Yah, kami bangga mengenakan kebaya di tengah hiruk pikuk trend fashion yang beragam.

Karena kebaya merupakan identitas diri bangsa Indonesia, kebaya juga telah diakui sebagai pakaian nasional. Meskipun rata-rata hanya dikenakan oleh masyarakat Jawa, Sunda dan Bali.

Mari kita dukung Kebaya Nusantara Goes To UNESCO.

Kursus Kecantikkan
Kursus Kecantikkan "Deska Keputrian" Hong Kong

Kursus Menjahit
Kursus Menjahit "Deska Keputiran" Hong Kong

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan