Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Emang Enak Jadi Anggota KPPS?

10 Februari 2024   14:26 Diperbarui: 10 Februari 2024   17:26 344
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Input sumber gambar dokpri

"Emang enak jadi anggota KPPS?" Begitulah istri Omjay meledek Omjay.

Ternyata banyak juga persiapan yang harus dilakukan oleh anggota KPPS. Kelompok penyelenggara pemungutan suara yang disingkat KPPS punya tanggung jawab besar terlaksananya pemilihan umum yang sudah dirancang oleh komisi pemilihan umum atau KPU.

Mulai dari dilantik dan ambil surat undangan ke pemilih sampai mengedarkannya ke rumah si pemilih. Ini masih persiapan dan belum sampai tahap pemilihan umum.

Nah, surat pemberitahuan pemungutan suara atau undangan kepada pemilih harus sudah sampai ke tangan pemilih yang ada dalam daftar pemilih tetap atau DPT.

Ini baru surat undangan ke pemilih, dan belum termasuk kartu suara, dan peralatan lainnya. Kami masih menunggu komando dari ketua KPPS kelurahan Jatibening Bekasi. Semoga kelengkapan lainnya datang tepat pada waktunya. Aamiin.

Kami anggota KPPS di TPS 75 berkumpul di rumah Omjay. Dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB kita mempersiapkan surat undangan pemilih. Ada undangan pemberitahuan untuk para pemilih yang akan mencoblos di TPS 75.

Sayangnya kami mendapatkan nama warga pemilih yang bukan dalam wilayah RT kami, sehingga masih harus mencari alamat rumah berdasarkan RT yang ada di data pemilih tetap KPU. Untunglah masih berada dalam wilayah satu RW 10 kompleks TNI AL Jatibening indah pondok gede Bekasi.

Ada juga kami temukan nama pemilih yang sudah meninggal. Mungkin saat di data orangnya masih hidup dan sekarang sudah meninggal. Belum sempat datanya dilaporkan ke petugas KPU. Namanya juga ajal kita tak tahu kapan kematian akan datang. Tapi pasti akan kita temui cepat atau lambat.

Input sumber gambar dokpri 
Input sumber gambar dokpri 

Alhamdulillah kami mendapatkan nama lengkap pemilih tanpa alamat rumah dari 3 RT yaitu RT 003, 004, dan 005 RW 10 kompleks TNI AL Jatibening indah pondok gede Bekasi. Kami semuanya ada 7 orang anggota di TPS 75 dan 2 orang linmas yang akan bertugas di hari pelaksanaan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun