Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Siapa membantu guru agar menjadi pribadi yang profesional dan dapat dipercaya. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Apakah Bisa Bekerja dari Teras Rumah?

13 Desember 2020   21:38 Diperbarui: 13 Desember 2020   21:59 305
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Omjay bekerja di Teras Rumah

Dalam tulisan ini saya ingin bercerita. Semoga bisa mencapai seribu kata. Sebuah tulisan dari seorang guru yang pernah terpapar virus corona. Sebuah kisah nyata yang semoga dapat memotivasi pembaca kompasiana.com. Sebuah blog keroyokan yang semakin banyak saja pembacanya.


Hari ini ada seorang kawan bertanya kepada saya. Apakah bisa Bekerja di Teras rumah? Begitulah seorang kawan yang juga ikut menulis di kompasiana.com bertanya kepada saya. Lalu saya pun menjawab pasti BISA. Sebab sat ini orang bisa bekerja di mana saja berkat kecanggihan teknologi. Jangankan di teras, di tempat buang hajat aja sekarang bisa, hehehe.

Saya menatap teras rumah saya. Ada dua kursi dan satu meja. Biasanya teras rumah itu untuk kita duduk duduk santai. Ngobrol bareng anggota keluarga lainnya. Sambil ngopi atau menikmati cemilan. Terkadang saya menerima tamu di teras rumah. Mereka lebih senang duduk di sana karena sejuk udaranya.

Kini teras rumah saya pakai buat tempat kerja dan berkarya. Sambil memandangi bunga warna warni yang ditanam kekasih hati. Istri tercinta rajin menyirami tanaman bunganya. Juga sambil menonton film yang saya suka. 

Bunga Warna Warni yang ditanam Istri
Bunga Warna Warni yang ditanam Istri
Bahkan saya suka menyebarkan film India yang saya suka di teras ini. Silahkan klik https://www.youtube.com/watch?v=TRXU1nb5QJ4, inilah film india terbaik tahun 2020, nontonlah sebentar untuk bahan tulisan.

Dari teras inilah saya bekerja dari rumah dan mendatangkan jutaan rupiah. Alhamdulillah cukup untuk pemasukan keluarga setiap bulannya. Walaupun tidak sebesar ketika kita pergi dari rumah, tetap saja harus disyukuri. Terkadang saya diundang untuk acara webinar untuk guru. Saya mengisi acaranya dari teras rumah ini. Alhamdulillah ada tambahan pemasukan dari acara ini ketika kita diminta menjadi narasumbernya.

Akses internet di rumah sudah semakin lancar sekarang. Tinggal kita sendiri yang harus bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Adanya akses internet ini membuat saya bisa pergi kemana-mana melalui dunia maya.Walaupun tagihannya cukup mahal juga. Terutama bayar listrik dan internet.

Namun tak apalah, namanya juga digunakan untuk sekeluarga. Bayar internet dan listrik mahal harus diimbangi dengan kreativitas dan inovasi kita sebagai pengguna internet dan listrik.

Dari tempat inilah saya berselancar di rimba internet. Mengajar online dan mengecek tugas-tugas siswa. Di teras inilah sedikit demi sedikit buku baru saya susun dan terbitkan.Ada buku mandiri dan ada buku keroyokan. Tak terasa tahun ini sudah 4 buku sendiri, dan 2 buku karya bersama.

Dari pagi hingga malam hari saya duduk di depan teras rumah. Bekerja dan berbagi ilmu dan pengalaman kepada sesama dalam dunia maya yang tak pernah tidur. Terkang tersenyum sendiri dan tertawa terbahak-bahak di tempat itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun