Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apakah Bisa Menghasilkan Uang dengan Bekerja Hanya dari Rumah?

13 Oktober 2020   08:08 Diperbarui: 13 Oktober 2020   08:52 54 4 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Bisa Menghasilkan Uang dengan Bekerja Hanya dari Rumah?
Bekerja dari Teras Rumah

Bekerja Dari Rumah memang enak. Kita bisa bertemu anggota keluarga selama 24 jam. Dari bangun tidur sampai tertidur lagi. 

Apalagi bila ada akses internet cepat di rumah. Tubuh kita memang di rumah, tapi ide kita mengembara kemana-mana. Tak terasa uang rupiah mengalir ke rekening kita. Bekerja dari rumah mendatangkan jutaan rupiah. Inilah nikmatnya bekerja dari rumah.

Selamat pagi sahabat Indonesia yang ada di Kompasiana. Tak pernah membayangkan kalau kita bekerja dari rumah. Korona membuat banyak orang bekerja dari rumah. Pandemi ini akan lama berakhirnya. Kita harus bergerak melalui dunia maya. Kreativitas dan imajinasi kita teruji ketika kita bekerja dari rumah. Menulislah kawan karena menulis itu indah. 

Kita bisa menyampaikan apa yang ada di kepala kita kepada para pembaca. Kita bisa mencoba berbagai lomba menulis. Kalah menang itu biasa. Sekedar uji nyali saja di dunia maya. Bila ingin dapat arisan, maka kita harus ikut arisan. bila kita ingin menjadi pemenang lomba, maka ikutlah lombanya.

Lomba Menulis PGRI
Lomba Menulis PGRI
Seorang kawan yang baru saja di PHK bertanya kepada Omjay. Apakah Bisa Menghasilkan Uang Dengan Bekerja Hanya Dari Rumah? Lalu saya jawab bisa. Bahkan sangat bisa bila kita tahu caranya dan pantang menyerah. Terus belajar sepanjang hayat dan tidak pernah puas dengan ilmu yang didapat. Di atas langit ada langit. Kita hanya makhluk-Nya yang lemah. Kekuatan imajinasi dan kreativitas kita harus dilatih dengan mengembangkan ide-ide liar yang positif. Saya lebih suka dengan menulis dan menjadi blogger. Walaupun menjadi youtuber juga sedang saya lakukan. Saya banyak belajar dari paman Apiq yang terkenal itu.

Paman Apiq, Youtuber terkenal bidang Pendidikan
Paman Apiq, Youtuber terkenal bidang Pendidikan

Saya sendiri langsung membuka lapak tempat kerja di depan teras rumah. Meja di gudang yang lama tak terpakai, saya sulap menjadi meja komputer. Kakak ipar saya mengecat meja menjadi warna hitam metalik. Sungguh nyentrik dan enak dilirik. Dari pagi hingga malam hari saya berada di teras rumah ini. Menulis dan terus menulis. Mengabarkan kepada dunia bahwa saya masih ada.

Dari sinilah saya bekerja. Mencari sesuap nasi untuk anak dan istri. Bekerja dan beribadah dari rumah. Belajar dan mengajar dari teras rumah. Tidak perlu bermacet ria di pagi hari menuju ibukota Jakarta. Pandemi Covid-19 membuat saya harus bisa menciptakan pola pembelajaran yang efektif dari rumah. Ide deras mengalir ketika saya berada di teras rumah. Kolaborasi adalah kunci untuk mencapai keberhasilan. Kesuksesan kita sesungguhnya ada kesuksesan orang lain.

Kemarin dari pusata data dan informasi (pusdatin) kementrian pendidikan dan kebudayaan datang menghubungi lewat telpon. Mereka mengecek jaringan internet kami di rumah melalui https://streamyard.com/. Alhamdulillah tes akses internet berjalan lancar. Saya diminta cuap-cuap di depan kamera. Hari Rabu, 14 Oktober 2020 akan siaran online bersama para pakar dan duta rumah belajar kemdikbud serta guru-guru hebat Indonesia.


Bekerja dari rumah tetap asyik. Mendatangkan jutaan rupiah hanya bekerja dari rumah. Bila banyak orang mempercayai kita sebagai pakar. Duit mengalir ke rekening sebagai pengganti pulsa. Alhamdulillah, terima kasih ya Allah. Nikmat Tuhan yang mana lagi yang hendak kamu dustakan?

Salam blogger persahabatan
Omjay
Guru blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

https://streamyard.com/
https://streamyard.com/

Kita Harus Belajar
Kita Harus Belajar
Menulis itu Indah
Menulis itu Indah
Tulisan ini dibuat sebagai bahan untuk presentasi di acara TIK Talk Pusdatin Kemdikbud yang dilaksanakan di Jakarta dan Bengkulu. Inilah indahnya dunia maya. Kita bisa menjelajahi beberapa provinsi hanya bekerja dari rumah. Tak perlu meninggalkan keluarga. Webinar semakin bersinar.

VIDEO PILIHAN