Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". Hp. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Hari Pertama Belajar Menulis bersama Omjay

17 Januari 2020   16:09 Diperbarui: 17 Januari 2020   16:14 119 5 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Pertama Belajar Menulis bersama Omjay
Omjay PGRI | Dok. pribadi

Belajar menulis bersama omjay di group WA alhamdulillah berjalan lancar. Kegiatan perdana ini diisi oleh dosen tamu pak Agus Sampurno. Beliau pengelola blog terkenal http://gurukreatif.wordpress.com.

Awalnya saya bingung menetukan siapa saja yang harus menjadi nara sumber atau pembicara di dalam group WA tersebut. Kalau cuma omjay sendiri, rasanya kurang seru dan omjay harus berbagi panggung dengan pembicara lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar selama 16 kali pertemuan yang kami rencanakan menjadi berkesan. Walapun hanya lewat dunia maya saja. Setidaknya kita bisa menghemat dana untuk biaya transportasi, akomodasi, dan konsumsi.

Kegiatan menulis bersama omjay dilaksanakan dari pukul 20.00-22.00 dan diikuti oleh 256 peserta yang ada di Group WA. Gelombang pertama ini banyak sekali peminatnya, terpaksa ada yang tidak kebagian kuota. Maklumlah di WA hanya bisa sampai 257 orang. Ke depan kita bisa pakai aplikasi telegram bila pesertanya 1000 orang.

Saat ini saya sedang mengajak kawan-kawan guru untuk belajar menulis dan menerbitkan buku. Kita mulai belajar yang mudah-mudah saja. Tak perlu yang susah-susah. Omjay ajak kawan-kawan guru untuk berlatih menulis setiap hari dan usai kegiatan pelatihan akan ada tantangan untuk menulis setiap hari lewat blog masing-masing.

Omjay berharap kawan-kawan guru bersemangat dalam menulis. Sebab untuk membangkitkan semangat menulis guru perlu cara-cara kreatif dan inspiratif. Kita bisa memulainya dengan mengajak guru menulis online di blog dan media sosial lainnya. Dengan begitu kawan-kawan guru mulai membangun sendiri personal brandingnya di dunia maya.

Seperti kisah nyata pak Agus Sampurno. Dari guru sekolah dasar (SD) kemudian menjadi kepala sekolah dan akhirnya menjadi konsultan pendidikan serta pembicara tingkat nasional. Beliau sudah keliling Indonesia menginspirasi para guru dengan berbagai workshop dan pelatihan lainnya.

Semoga belajar menulis bersama omjay dapat menjadi inspirasi di kalangan guru untuk terus belajar sepanjang hayat. Targetnya, para guru bisa membuat buku. Satu guru satu buku. 


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x