Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

TIK Itu Penting! Teruslah Berjuang di RUU Sisdiknas!

24 September 2022   04:20 Diperbarui: 24 September 2022   04:59 306 21 14
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kita sepakat TIK itu penting. Tapi banyak yang belum sepakat kalau TIK menjadi mata pelajaran kembali seperti dalam kurikulum 2013. 

https://www.kompasiana.com/wijayalabs/571a829cc0afbd970b0bc4cf/tik-3-huruf-yang-menggoda

Akibatnya, selama 9 tahun belakangan ini para siswa tidak mendapatkan materi TIK secara sistematik dan terstruktur selama duduk di bangku SMP dan SMA.

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang disingkat TIK dianggap mengada-ngada materinya dan ada guru besar di perguruan tinggi yang merasa kurang sreg dengan materinya. Omjaypun demikian.

Seharusnya, bila materinya kurang tepat atau dianggap jadul, segera perbaiki materinya dan bukan dihapus mata pelajarannya.

Diskusi terjadi facebook dan group WA Komunitas guru TIK dan KKPI. Kebanyakan orang setuju TIK kembali sebagai mata pelajaran lagi. 

Hanya sedikit yang tidak ingin TIK sebagai mata pelajaran. Itulah hasil jajak pendapat kami. 

Lebih banyak orang yang ingin TIK kembali sebagai mata pelajaran lagi. 

Begitu juga dengan siswa Indonesia. Namun mereka tak bisa bicara karena tersandera dengan kurikulum 2013 yang katanya jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Sementara itu, banyak guru TIK yang dipaksa mengajar prakarya. Padahal dalam kewenangan mengajar, guru TIK bukan guru prakarya. 

Itulah mengapa TIK harus masuk dalam RUU Sisdiknas. Supaya TIK wajib diajarkan kepada semua siswa Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan