Mohon tunggu...
Wijaya Kusumah
Wijaya Kusumah Mohon Tunggu... Guru - Guru Blogger Indonesia

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. Sering diminta menjadi pembicara atau nara sumber di bidang ICT,Eduprenership, Learning, dan PTK. Wijaya adalah Guru SMP Labschool Jakarta yang doyan ngeblog di http://wijayalabs.com, Wijaya oleh anak didiknya biasa dipanggil "OMJAY". Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. Pesan Omjay, "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 08159155515 email : wijayalabs@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Peran TIK dalam Kehidupan Sehari-hari

23 September 2022   03:59 Diperbarui: 23 September 2022   04:11 1551 38 23
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam RUU Sisdiknas TIK tidak ada. Benar-benar tidak ada. Padahal TIK selalu ada dalam kehidupan kita. Setiap hari kita berhadapan dengan TIK. Peran TIK dalam kehidupan sehari-hari tak diragukan lagi. Itulah mengapa Omjay heran. Mengapa TIK tak ada dalam RUU Sisdiknas yang kejar tayang?

TIK adalah 3 huruf yang begitu menggoda. Singkatan ini begitu mudah dijabarkan menjadi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Didalamnya ada pengertian teknologi informasi dan Teknologi komunikasi. Sudah 9 tahun lamanya kami berjuang untuk 3 huruf ini. Berjuang untuk kembalikan matpel TIK dalam kurikulum 2013. Alhamdulillah mulai muncul dengan nama baru informatika di kurikulum merdeka. Terima kasih Nadiem Makarim.

Omjay masih ingat saat itu. Kamis, 21 April 2016, komunitas guru TIK dan KKPI (KOGTIK) diundang untuk diskusi dengan anggota komisi X DPR dari fraksi partai golkar. 

Inti pertemuan adalah bagaimana TIK bisa kembali menjadi mata pelajaran lagi dan tidak hanya terintegrasi ke semua mata pelajaran. Selain ke fraksi golkar, kami juga berkomunikasi dengan anggota DPR dari partai demokrat, dan PDIP.

Alhamdullilah dari ketiga fraksi yang duduk di komisi X DPR RI siap membantu TIK menjadi mata pelajaran lagi. Kita akan saling bertemu untuk menyiapkan data-data pendukung. Kami siapkan naskah akademik yang sesuai dengan keinginan masyarakat berpengetahuan di era globalisasi.

Dari partai Demokrat yang diwakili Mas RINTO, dikala ada TOUR DE JAVA pak SBY beliau juga ikut hadir. Kemudian Pak Ferdiansyah dari Partai GOLKAR telah menyuarakan: Mengapa TIK dihapus dikurikulum 2013? Bahkan dari Mas Rinto menyampaikannya jauh lebih awal sebelum mengupas penyampaian materi dari Pak ANIES Baswedan, Saat RDP dengan Komisi X DPR RI. Saat itu tanggal 21 April 2016..

Mengapa dari Fraksi PDIP belum menyampaikan pertanyaan Juga? Nah yang satu ini tinggal tunggu tanggal mainnya, karena pada tanggal 26 April 2016 Pak Indra Charismiadji (pakar pembelajaran modern), akan menjadi Pembicara dalam suatu seminar yang diadakan oleh PDIP tempat dan Lokasi masih di seputaran Gedung DPR RI.

Keberadaan dari Pak Indra Charismiadji, sudah tidak diragukan lagi. HAL INI BERARTI GAUNG tentang penghapusan TIK dalam kurikulum 2013, sudah menggema di Gedung DPR RI lewat Komisi X.

Kami juga berkonsultasi dengan Mas Doni Kusuma yang sangat kritis dalam bidang pendidikan. Beliau mendukung kami dalam perjuangan guru TIK dan sekarang beliau sangat aktif mengkritisi RUU Sisdiknas.

Dokpri 
Dokpri 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan