Mohon tunggu...
Wijatnika Ika
Wijatnika Ika Mohon Tunggu... When women happy, the world happier

Mari bertemu di www.wijatnikaika.id

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Ekspor Budaya ala Korea Selatan dalam Menggenggam Pasar Dunia

18 Desember 2019   06:46 Diperbarui: 23 Desember 2019   09:03 144 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekspor Budaya ala Korea Selatan dalam Menggenggam Pasar Dunia
Saat Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana berpose bersama Boyband Super Junior | starsdaily.net

"Go-saeng kkeut-e nag-i on-da. At the end of hardship comes happiness." -Peribahasa Korea-

Sejak kecil, setiap Muslim pasti diajarkan bahwa Islam adalah jalan yang benar menuju Tuhan dan menjadi rahmat bagi semesta alam. Karena posisi Islam sebagai penyempurna agama-agama yang telah diturunkan sebelumnya, maka seringkali ada anggapan bahwa mempelajari, menikmati, menonton, menggunakan, atau menggemari produk kebudayaan yang tidak selaras dengan Islam adalah haram.

Bahkan pernah seorang ustaz terkenal menyatakan bahwa menonton film atau drama Korea (drakor) itu haram, karena menurutnya orang Korea itu tidak bersunat dan kerjanya berzina, sehingga dengan menggemari budaya mereka bisa membuat umat Islam jauh dari agama.

Hm, apakah sang ustaz yang telah 'berani' menyatakan hal tersebut setelah meneliti puluhan drakor atau bagaimana ya? Pernyataannya ngeri sekali.

Aku mulai menggemari drakor pada tahun 2003 sejak booming serial "Jewel in the Palace" yang dengan apik diperankan oleh aktris Lee Young-ae yang menghempaskan Asia ke dalam kecantikannya.

Lee Young-ae ternyata selain aktris bertalenta, juga merupakan seorang yang berprestasi secara akademis. Sebelum terkenal melalui drama "Dae Jang Geum" ia bahkan merupakan seorang NGO Goodwill Ambassador dan melakukan kunjungan ke Ethiopia pada 1996 untuk urusan kemanusiaan. Pada 1997 ia ke gurun Tsar di India untuk melakukan liputan tentang kehidupan orang-orang dari kasta paling rendah India. 

Pada 2001 ia memublikasikan buku pertamanya dan hasil penjualannya didonasikan untuk kegiatan sosial. Kemudian pada 2004 ia kembali dinobatkan menjadi Goodwill Ambassador oleh UNICEF dan sederet kegiatan sosial lainnya yang mengagumkan, termasuk kehebohan saat ia kedapatan menolong seorang perempuan hamil yang hendak melahirkan. Tak heran jika Lee Young-ae menjadi semacam idola kaum perempuan dan mimpi kaum lelaki.

Jika pada 2003 dan beberapa tahun setelahnya aku menonton drakor dengan nongkrong di depan televisi, maka sejak 2011 aku mulai menontonnya secara online di sejumlah website yang memang dibuat khusus sebagai gudang drama, film, hingga reality show asal Korea Selatan.

Negara itu memang sangat giat memproduksi drama, film, dan reality show, maka yang diperlukan penonton sepertiku adalah memilih dengan bijak drakor atau film mana yang harus kutonton, karena ini menyangkut waktu dan kuota internet.

Aku biasanya hanya menonton drakor dengan tempo 14-20 episode saja, karena drakor dengan episode di atas 30 biasanya ceritanya picisan dan tentu saja sangat melelahkan menonton cerita yang berbelit-belit dan tidak kunjung selesai. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN