Mohon tunggu...
Widya Ningsih
Widya Ningsih Mohon Tunggu... -

Saya adalah salah satu mahasiswa salah satu perguruan tinggi yang ingin belajar menulis maap jika ada kesamaan atau perbedaan pemikiran dalam tulisan ini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teknik Melamar Kerja dan Interview

29 April 2013   00:12 Diperbarui: 4 April 2017   17:32 7293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1367169103145487008

Sudah bosan tentunya namun untuk mencari suatu pekerjaan yang hasilnya memuaskan harus benar-benar mengikuti prosedur walaupun hal yang sering dilakukan namun harus tetap diperhatikan untuk mencapai hasil yang semaskimal mungkin tentunya hal yang diinginkan, niat melamar tentunya ingin diterima bukan. Sedikit tips melamar dari hasil seminar yang pernah saya ikuti:

Sumber Informasi Lowongan:

Mencari lowongan pekerjaan jangan hanya satu media tetapi banyak media antara lain:

1.Media Cetak

2.Internet

3.Career Center

4.Network

5.Agency

Melamar Kerja

Jika ingin melamar pekerjaan bukan hanya dengan satu cara namun ada beberapa cara yaitu:

Pengiriman Dokumen:

1.Melalui Pos:

-Alamat penerima dan pengirim yang jelas

2. Melalui Email:

-Pertimbangkan besar file

-rutin membaca email

3. Datang langsung ke perusahaan

Cara ini dilakukan dan sebagian banyak menghasilkan positif yaitu jika peusahaan tersebut benar-benar sedang membutuhkan pasti akan langsung dipanggil dan di interview tetapi untuk diterima atau tidaknya tergatung pihak perusahaan.

Memilih Lowongan Kerja

Jika ingin melamar pekerjaan juga harus menyesuaikan yaitu:

1.Kesesuaian antara keadaan diri dengna persyaratan jabatan

2.Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk suatu jabatan

3.Mencari informasi mengenai posisi yang akan dipilih

4.Mencari informasi mengenai perusahaan pemberi kerja

Pada saat kerja ada bebeapa yang harus disiapkan:

Melamar Kerja

1. Surat Lamaran

2. Daftar Riwayat Hidup

3. Fotocopy ijasah terakhir,transkip nilai, sertifikat, surat, referensi.

4. Photocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk)

5. Photocopy KK (Kartu Keluarga)

6. Photocopy SKCK

Membuat Surat Lamaran Kerja

Hal-hal yang harus diperhatikan dari segi awal pembuatan surat yaitu:

1.Kertas bewarna netral

Jika mengunakan kertas polio dipastikan dahulu kertasnya bersih tidak ada noda karena itu mencerminkan si pelamar

2.Jenis dan ukuran font standart

3.Ukuran kertas A4

4.Surat Lamaran dan Daftar Riwayat Hidup diketik rapi, ringkas dan jelas

a.Cantumkan posisi yang dituju

b.Cantumkan tanggal surat dan tanda tangan

c.Bahasa mudah dipahami

d.Cantumkan Alamat dan Tempat tinggal

e.Cantumkan No.Telepon yang mudah dihubungi

5.Buat history atau catatan pengiriman lamaran

6.Kapasitas maksimum yang diperbolehkan (email)

7.Aplikasi standard:Ms.Word,Pdf

8.Ukuran file dari scanner atau image dibuat sekecil mungkin

Mencantumkan Daftar Riwayat Hidup

Hal ini sangat diperlukan agar pihak peusahaan yang dituju mengetahui tentang pribadi sipelamar dann sanngat penting untuk pertimbangan perusahaan . Hal yang harus dicantumkan yaitu:

1.Personal data

Berupa data pribadi si pelamar

2.Pendidikan Formal

Sejarah pendidikan dari awal sekola sampai pendidikan terakhir

3.Pendidikan Non Formal/Training

Training sebagai bahan-bahan pertimbangan untuk pihak perusahaan

4.Keahlian Khusus

5.Pengalaman Organisasi

6.Pengalaman Kerja dan Job Description

Menerima Panggilan Kerja

Setelah memberi surat lamaran kemudian kita mendapat panggilan pekerjaan yang harus dilakukan yaitu:

1.Menjawab telepon: sopan dan senyum

2.Catat dengan baik

Nama Penelpon

Nama Perusahaan

Alamat Perusahaan

No.Telpon

Contact Person atau orang yang harus ditemui

Posisi yang ditawarkan

3.Cari informasi: Job Desk dan Perusahaan

4.Survey Lokasi

Jangan sampai terkuras kantong anda jika besarnya gaji sama dengan transport nanti yang ada berat diongkos dan rugi karena bekerja tentu ingin menghasilkan sesuatu untuk keperluan yang lainnya tentunya untuk biaya hidup.

Persiapan Tes atau Interview

1.Persiapan Fisik

-Istirahat secukupnya, jangan sampai pada saat di interview kita bermuka pucat dan pasi karena akan mengurangai poin pihak perusahaan

-Persiapkan pakaian yang akan dihadapkannya

Pkaian harus rapi, yang laki-laki memakai kemeja dan sepatu pantopel, perempuan mengenakan pakaian rapi yang senada dengan blazernya memakai sepatu bantopel yang tertutup da jika bisa high heels shoes

-Sarapan secukupnya

Agar tidak lemas dan secukupnya karena jika nerlebihan dikhawatirkan pada saat interview mengantuk danmenguap karena itu mengurangi penilaian kerja

2.Persiapan Mental

-Lupakan masalah yang ada

-Agar konsentrasi pada saat di interview

-Jaga Kepercayaan Diri

-Ciptakan First Impresion yang positif

Karena pertemuan awal sudah mulai dinilai ciptakan keadaan yang meyakinkan misalnya senyum ketika berjabat tangan dengan erat

3.Persiapan Teknis

-Pelajari lebih dalam bidang ilmu atau posisi yang dituju

Karena lebih banyak pengetahuan tentang bidang yang dituju akan lebih mudah jika ada pertanyaan dari pihak perusahaan. Sehingga peluang kita untuk diterima semakin besar.

-Kenali kelebihan anda untuk ditonjolkan

Sebuah perusahaan pasti akan menanyakan kepada pelamar apa keahlian yang anda kuasai agar kami dapat bekerjasama dengan anda. Setelah muncul pertanyaan ini anda harus memberikan penjelasan yang tepat dan sesuai dengan bidang yang di kerjakan jangan ada yang ditutupi karena biasanya perusahaan menyukai orang yang jujur dengan keahlian yang pelamar punya tidak melebih-lebihkan.

-Persiapkan alat-alat yang dibawa

Jika melamar, jika posisi yang dituju harus membawa peralata elektronik sepeti laptop siapkan didalam tas mungkin pihak perusahaan ada yang ingin melihat pekerjaan anda sebelumnya seperti apa untuk penjelasan yang lebih baik untuk meyakinkan anda layak menempati posisi tersebut.

Beberapa hal dibawah ini yang harus dan tidak dapat diperbolehkan sebaiknya diikuti yaitu:

Yang harus dilakukan:

1.Saat memasuki ruangan berjalanlah dengan tegap, gayanya yang sigap dan kedua tangan mengibas dengan bebas

2.Sodorkan tangan sambil tersenyum

3.Pada saat interview sapalah dengan Bapak/Ibu karena itu umum

4.Jangan duduk sebelum dipersilakan

5.Berilah senyuman, kerutan dahi, atau ekspresi

6.Bicaralah secara rileks dengan interaksi yang tepat sesuai dengan interaksi yang tepat sesuai situasi

7.Hindari penggunaan bahasa yang tidak tepat

8.Berkomunikasi dua arah anggap interviewer sebagai teman

Tidak boleh dilakukan yaitu:

1.Jangan memperlihatkan kesan putus asa dengan mau bekerja apa saja asal diterima di perusahaan tersebut Karen asebagai manusia kita mempunya harga diri

2.Jangan terlalu lama berpikir

Jika kita sudah diterima dan pihak perusahaan menelpon jangan samapai menunda waktu untuk menjawabnya. Perusahaan umumnya mennunggu sampai tiga hari.

3.Jangan membawa tas yang berat pada saat di interview (memggendong tas) sebaiknya diletakan terlebih dahulu

4.Jangan memainkan pena atau pensil keatsa kebawah pada saat di interview,

5.Jangan menguap

6.Jangan meletkan tangan di bangku

7.Jangan menyilangkan atau mengangkat kaki

Diantaranya Sikap duduk dan berdiri

Sikap Berdiri:

-Badan tegap dan tidak bungkuk sikap siaga kedua tangan disamping,

-Pandangan kedepan lakukan kontak mata

-Tidakboleh istirahat ditempat dengan kedua tangan dibelakang

tanpa ada gerakan tambahan (menggaruk)

Sikap duduk

-Badan tetap tinggi saat duduk

-Posisi duduk tidak menyender kebelakang atau kebangku

-Tangan dibawah jangan sampai keatas meja

-Pandangan kedepan jika bisa kontak mata

Selamat mencoba dan semoga sukses dan berguna

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun