Mohon tunggu...
Widoko
Widoko Mohon Tunggu... Menyukai semua hal yang inspiratif

Pernah menimba ilmu di Yangzhou University, China

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Salut! Hanya Anak Presiden Habibie yang Tak Terjun ke Dunia Politik, Ini Alasannya

16 September 2020   14:18 Diperbarui: 16 September 2020   14:30 45 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salut! Hanya Anak Presiden Habibie yang Tak Terjun ke Dunia Politik, Ini Alasannya
Leluhur Presiden Indonesia (Sumber: tirto.id)

17 Agustus 2020 Indonesia merayakan Hari Ulang Tahunnya yang ke 75. Berarti republik tercinta ini sudah berdiri selama 7 dasawarsa lebih.

Selama 75 tahun tersebut Indonesia sudah silih berganti pemimpin tertinggi. Sudah ada tujuh presiden yang menduduki RI 1 di negeri ini. Mereka itu adalah Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, Presiden BJ Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dan Presiden Joko Widodo.

Yang menarik dari Presiden-Presiden Indonesia itu, hampir semuanya mempunyai anak yang juga ikut terjun ke dunia politik. Anak presiden Soekarno misalnya yang sangat jelas terlihat sampai sekarang. Yang paling menonjol adalah Megawati yang menjadi Presiden sekaligus Ketua Umum Partai PDIP, partai terbesar di Indonesia saat ini.

Sebagai Presiden, Megawati juga mempunyai anak yang terjun ke dunia politik. Yang paling menonjol adalah Puan Maharani yang saat ini menduduki posisi sebagai Ketua DPR RI 2019 - 2024. Sebelumnya Puan Maharani juga tercatat sebagai menteri di jajaran Kabinet Presiden Jokowi Jilid I.

Meski saat ini sedang agak meredup, putra-putri Presiden Soeharto juga pernah terjun ke dunia politik. Yang paling menonjol di dunia politik diantaranya adalah Siti Hardijanti Rukmana atau akrab disapa dengan Mbak Tutut. Mbak Tutut dulu pernah menjabat sebagai Menteri Sosial tahun 1998 di masa akhir - akhir era Orde Baru. Sebelumnya ia juga menjabat sebagai anggota MPR tahun 1992 sampai dengan 1998. Saat ini ia tercatat sebagai anggota Partai Berkarya.

Selain Siti Hardijanti Rukmana, putra presiden Soeharto yang menonjol di dunia politik yang lain adalah Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto. Tommy pernah menjadi anggota DPR Fraksi Golkar tahun 1992 sampai dengan 1998. Ia juga pernah menjadi Ketua Umum Partai Berkarya 11 Maret 2018 sampai dengan 12 Juli 2020.

Presiden Gus Dur juga tidak ketinggalan.Yenny Wahid putri keduanya juga terjun kedunia politik sebagai Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tahun 2005 - 2010. Tetapi kemudian diberhentikan tahun 2008. Yeeni juga pernah menjadi Ketum Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru.

Lalu Presiden SBY punya dua putra yang kedua-duanya berkiprah di Partai Demokrat. Bahkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat ini menjadi Ketum Partai berlambang Mercy tersebut.

Dan yang terakhir adalah Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Bos Markobar yang sebelumnya mengaku tidak tertarik terjun ke dunia politik praktis itu akhirnya terjun ke politik juga. Sang Putra Sulung Jokowi mencalonkan diri pada Pilkada Solo tahun ini.

Nah, diantara tujuh presiden tersebut sampai saat ini hanya putra - putra Presiden BJ Habibie yang tidak terjun ke dunia politik. Lalu mengapa Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie tidak terjun ke dunia politik?

Menurut putra sulung Habibie, Ilham Akbar Habibie, dilansir Detik.com, 12 Agustus 2020, dirinya tidak terjun ke dunia politik karena ia memegang nasehat ayahnya bahwa membangun bangsa dan negara itu ada banyak cara, tidak harus terjun ke dunia politik. Bahkan menurutnya ayahnya yang bekerja sebagai menteri, wakil presiden, dan juga presiden Republik Indonesia tidak pernah memposisikan sebagai politisi, tetapi orang pemerintahan yang bekerja profesional.

Sebuah sikap yang luar biasa. Memang mengabdi pada bangsa dan negara banyak cara, tidak harus terjun ke dunia politik. Tetapi jika suatu saat nanti ada tawaran untuk menjadi profesional di pemerintahan, entah itu menteri atau apa, seperti bapaknya dulu, apakah tidak juga menerimanya...?I]

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x