Widodo Surya Putra (Mas Ido)
Widodo Surya Putra (Mas Ido) karyawan swasta

Arek Suroboyo asli, kini berdomisili di Delanggu, Klaten | Suka main basket, renang, dan menulis | Penikmat film Mandarin dan film laga (khususnya film-film Jackie Chan, Jet Lee, Jason Statham, Bruce Willis, dan Vin Diesel) | Belajar nulis di Kompasiana sejak 2002 dan berharap tulisan-tulisan yang tertuang dapat bermanfaat bagi para pembaca (Kompasianer), di manapun berada. Selamat membaca dan selamat berteman!

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Premier League Pekan Keempat: Frank De Boer Dipecat, West Ham Akhirnya Menang!

12 September 2017   08:14 Diperbarui: 12 September 2017   08:32 846 2 0
Premier League Pekan Keempat: Frank De Boer Dipecat, West Ham Akhirnya Menang!
Frank De Boer saat memimpin timnya berlaga (Eurosport)

Premier Leaguemulai menunjukkan seringainya pada pekan keempat. Siapa sangka bahwa Frank De Boer hanya "berumur" 77 hari menukangiCrystal Palace, setelah menelan kekalahan keempatnya musim ini? Terkaparnya kiper Manchester City, Ederson Moraes, akibat terjangan kaki Sadio Mane juga mewarnai kontak fisik yang selama ini memang biasa terjadi di kompetisi yang digelar di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Tentu saja, sesekali kontak fisik yang terjadi sedikit terlalu keras sehingga menyebabkan cedera serius. Namun, inilah wajah Premier Leagueyang sesungguhnya, kompetisi yang tak cocok buat mereka yang lemah secara mental maupun fisik!

Tumbangnya Liverpool di Etihad Stadium

Pekan keempat Premier Leaguediawali dengan tumbangnya Liverpool dengan skor telak (5-0) di Etihad Stadium oleh Manchester City. Hasil yang diyakini sangat dipengaruhi oleh diusirnya Sadio Mane akibat pelanggaran keras yang dilakukan pemain berkebangsaan Senegal itu terhadap kiper Manchester City, Ederson Moraes pada menit ke-37. Tendangan mautyang sempat membuat Ederson tak sadarkan diri dan harus segera ditandu ke luar lapangan.

Sekalipun hukuman akibat tendangan maut Sadio Mane itu masih mengundang pro dan kontra, publik Etihad tentunya bersyukur bahwa kiper andalan tim kesayangan mereka "baik-baik saja". Lewat akun Instagram pribadinya @ederson93, kiper yang musim lalu membela Benfica tersebut berpose dengan menunjukkan jempol-nya sambil tersenyum, sekalipun wajah bagian kanannya terlihat harus diperban.

Seolah terinspirasi oleh kemenangan sensasional dari Manchester City, Arsenal tak mau kalah dengan bermain penuh semangat hingga akhirnya dapat menumbangkan Bournemouth dengan skor cukup telak (3-0) di Emirates Stadium. Poin maksimal juga diraih oleh dua tim asal London, Tottenham Hotspur dan Chelsea, setelah sukses mengemas 3 poin sekalipun harus bermain di kandang lawan. Tottenham Hotspur menggasak Wayne Rooney, dkk dengan skor telak (3-0) di Goodison Park, sedangkan Chelsea berhasil menang tipis (2-1) atas tuan rumah Leicester City di King Power Stadium.

Raihan poin penuh juga diraih oleh beberapa tim lainnya seperti Brighton & Hove Albion, Watford, Newcastle, dan Hudderfield Town, sedangkan skor imbang satu-satunya pada pekan keempat hanya tersaji pada laga antara Stoke City versusManchester United. Pasukan Jose Mourinho gagal meneruskan startimpresifnya setelah menang tiga kali berturut-turut sekalipun sempat unggul dengan skor 2-1, tetapi akhirnya berhasil disamakan oleh Maxim Choupo-Moting, yang dalam laga tersebut mencetak bracelewat tembakan akurat dan headingyang tak kuasa ditahan oleh David De Gea. 

Hanya ada satu laga berakhir DRAW & dua tim masih nol poin

Pekan keempat juga ditandai oleh hasil minor yang diraih oleh dua tim yang menempati dua posisi paling buncitpada papan klasemen sementara. AFC Bournemouth dan Crystal Palace yang kembali terkapar di kandang lawan menempati posisi ke-19 dan ke-20, sedangkan West Ham United akhirnya berhasil meraih kemenangan perdananya, setelah mengandaskan Huddersfield Town dengan skor 2-0 di kandang sendiri. Untuk sementara, West Ham masih berada di "zona merah" dengan menempati posisi ke-18 di papan klasemen sementara. 

Hasil pertandingan keempat nampaknya harus segera direspons cepat oleh ketiga tim tersebut supaya tidak terus-menerus meraih hasil minor, yang bisa berimbas pada kelanjutan kiprah mereka pada musim ini, termasuk bagi nasib pelatih AFC Bournemouth (Eddie Howie) dan West Ham (Tony Pulis) yang bisa saja menyusul Frank De Boer yang baru saja dipecat oleh manajemen Crystal Palace. Tersingkirnya pria asal Belanda itu dari kursi pelatih Crystal Palace sekaligus menjadikan De Boer sebagai manajer pertama yang tersingkir akibat ekspektasi tinggi yang tak dapat dipenuhi oleh timnya. Premier Leaguememang ganas dan kejam!

Secara keseluruhan, pekan keempat menghasilkan 9 laga berakhir dengan poin penuh (5 tim tuan rumah, dan 4 tim tamu) dan hanya ada 1 laga berakhir seri. Total 28 gol tercipta dengan Romelu Lukaku masih bertengger sendirian paling atas sebagai pencetak gol terbanyak dengan raihan 4 gol, diikuti Gabriel Jesus (Man City), Sadio Mane (Liverpool), Alvaro Morata (Chelsea), Jamie Vardy (Leicester), dan Danny Welbeck (Arsenal) yang masing-masing mencetak 3 gol. 

Berikut hasil lengkap Premier Leaguedan posisi di klasemen sementara setelah semua pertandingan pekan keempat usai digelar:

  • Man City 5:0 Liverpool
  • Arsenal 3:0 Bournemouth
  • Brighton 3:1 West Brom
  • Everton 0:3 Tottenham
  • Leicester 1:2 Chelsea
  • Southampton 0:2 Watford
  • Stoke City 2:2 Man United
  • Burnley 1:0 Crystal Palace
  • Swansea 0:1 Newcastle
  • West Ham 2:0 Huddersfield Town 

10 besar klasemen Premier League setelah pekan keempat (GOAL.com)
10 besar klasemen Premier League setelah pekan keempat (GOAL.com)


5 tim terbawah di klasemen Premier League setelah pekan keempat (GOAL.com)
5 tim terbawah di klasemen Premier League setelah pekan keempat (GOAL.com)


Bagaimana? Semakin menarik bukan, persaingan di Premier Leaguemusim ini? Apalagi, sebentar lagi kompetisi antarklub Eropa mulai digelar sehingga mau tak mau, konsentrasi para manajer dan pemain akan terbelah, terutama bagi tim-tim yang berlaga di sana. Pekan depan, Chelsea akan meladeni Arsenal di Stamford Bridge, sedangkan Wayne Rooney akhirnya "pulang" ke Old Trafford sebagai lawan. Menarik pula ditunggu apakah Crystal Palace dan AFC Bournemouth bisa bangkit pada pekan kelima. Poin penuh tidak hanya sangat penting bagi "kelangsungan hidup" dua tim tersebut pada kompetisi musim ini, tetapi juga buat keberadaan sang pelatih yang bisa menyusul Frank De Boer kalau sampai kalah lagi. Selamat menyaksikan!


Salam olahraga.

-wsp-