Mohon tunggu...
Widiyanto Nugroho
Widiyanto Nugroho Mohon Tunggu... an engineering student

describe the moments, share the happiness

Selanjutnya

Tutup

Digital

Mahasiswa KKN UNDIP Beri Pelatihan Keahlian Komputer

15 Agustus 2019   23:40 Diperbarui: 16 Agustus 2019   15:42 0 1 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa KKN UNDIP Beri Pelatihan Keahlian Komputer
Penyerahan modul pembelajaran

Pekalongan (15/8) -- Widiyanto Nugroho mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2016 dari Tim KKN Universias Diponegoro memberikan pelatihan Komputer kepada perangkat Desa Tosaran di Kantor Desa Tosaran, Kecamatan Kedungwuni. Hal ini dilatar belakangi oleh tersedianya fasilitas komputer di Kantor Desa Tosaran sebanyak tiga set, namun hanya seorang perangkat desa saja yang cakap menggunakannya. 

Sehingga pelayanan yang berkaitan dengan surat-menyurat dan korespondensi terhambat. Hal tersebut wajar karena komputerisasi system pelayanan pemerintah desa baru dimulai beberapa tahun ke belakang, sedangkan mayoritas personel perangkat desa sudah aktif mengabdi sejak tahun 80-90an sehingga sekarang sudah cukup berumur. 

Berdasarkan temuan tersebut Widiyanto Nugroho merasa pelatihan komputer akan sangat berguna ke depannya dalam percepatan pelayanan oleh pemerintah desa.

Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Desa Tosaran, Kedungwuni
Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Desa Tosaran, Kedungwuni

Pelatihan dibagi dalam tiga pertemuan, pertama adalah pengenalan komputer (hardware dan software) dan aspek ergonomik  penggunaannya beserta pengenalan aplikasi pengolah kata (Word 2007), kedua adalah pelatihan lanjutan Word 2007 untuk surat menyurat lebih kompleks, dan ketiga adalah pelatihan aplikasi pengolah angka (Excel 2007) untuk pembuatan RAB. 

Menurut Widiyanto, materi pelatihan yang diberikan tersebut adalah sesuai dengan yang dibutuhkan dalam pelayanan/operasional pemerintah desa dan mampu dikuasai dengan baik oleh peserta karena juga dibekali dengan modul pembelajaran yang disusun oleh mahasiswa KKN UNDIP

Kesulitan terbesar adalah banyaknya istilah dalam komputer menggunakan bahasa inggris, sehingga menyulitkan para peserta yang sudah cukup berumur.

Harapannya setelah pelatihan tersebut perangkat desa cakap menggunakan perangkat komputer untuk percepatan layanan Pemerintah Desa Tosaran kepada masyarakat, karena lebih efektif dan efisien berkat bantuan komputer.