Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Human Resources - Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar.

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Tempat Parkir Sepeda di Stasiun MRT dan KRL, Kok Sepi?

22 November 2021   21:33 Diperbarui: 23 November 2021   09:41 1422 35 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tempat parkir sepeda di area Stasiun MRT ASEAN (foto by widikurniawan)

Fasilitas tempat parkir sepeda atau bike rack di stasiun-stasiun MRT Jakarta, KRL Commuterline, dan di dekat halte Transjakarta, kini menjadi pemandangan yang biasa di Kota Jakarta. Sebagai kota modern, kehadiran tempat parkir sepeda ini memang dibutuhkan sebagai penanda sekaligus kebutuhan.

Sejak tahun 2019, Pemprov DKI Jakarta memang mendorong tersedianya fasilitas tersebut. Tujuannya tentu saja memfasilitasi warga agar mau memakai transportasi massal dan menggunakan sepeda sebagai transportasi penghubung dari rumah menuju ke stasiun atau halte terdekat.

Tempat parkir sepeda di Stasiun Sudirman kurang dimanfaatkan oleh pesepeda (foto by widikurniawan)
Tempat parkir sepeda di Stasiun Sudirman kurang dimanfaatkan oleh pesepeda (foto by widikurniawan)

Namun, hingga tiba di penghujung 2021 kini, fasilitas tempat parkir sepeda yang terlihat eye catching tersebut justru lebih banyak terlihat sepi. Walaupun gratis, seolah teramat berat untuk menarik minat para pesepeda untuk memarkirkan sepedanya.

Sebut saja tempat parkir sepeda di area Stasiun MRT ASEAN yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Letaknya seolah menyendiri di bawah eskalator dan terjepit di antara tiang beton. Terlihat sepi dan jauh dari pengawasan petugas.

Soal pengawasan petugas inilah yang mungkin menjadi salah satu pertimbangan. Seandainya terjadi pencurian sepeda, bahkan pihak pengelola stasiun tidak akan bertanggung jawab.

Hal ini seperti ditegaskan di tempat parkir sepeda yang berlokasi di Stasiun KRL Commuterline. Pada rak sepeda ada semacam disclaimer bahwa segala bentuk kehilangan dan kerusakan bukan menjadi tanggung jawab pihak pengelola stasiun.

Bike rack di Stasiun KRL Sudirman (foto by widikurniawan)
Bike rack di Stasiun KRL Sudirman (foto by widikurniawan)

Maka ketika terjadi kehilangan, paling banter si korban hanya bisa curhat di media sosial. Kejadian ini pernah santer di media sosial beberapa waktu lalu. Sebuah sepeda dengan merek cukup tenar, dan pastinya harganya juga mahal, raib saat diparkir di sebuah parkiran di area sebuah stasiun MRT Jakarta.

Ya, mau bagaimana lagi? Sekuat-kuatnya kunci gembok atau rantai di tempat parkir semacam itu, ternyata maling lebih pintar, kuat dan leluasa mencuri karena biasanya tempat parkir sepeda letaknya luput dari perhatian orang banyak, walaupun berada di pinggir jalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Transportasi Selengkapnya
Lihat Transportasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan