Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Human Resources - Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar.

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Layanan Internet Modem WiFi, Solusi Saat Kena PHP Sales Internet Kabel

25 Juli 2021   16:22 Diperbarui: 25 Juli 2021   16:30 304 13 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Layanan Internet Modem WiFi, Solusi Saat Kena PHP Sales Internet Kabel
Sumber foto: Pexels.com/Pixabay

Situasi pandemi benar-benar membuat kebutuhan terhadap internet di rumah menjadi meningkat. Kebutuhan untuk sekolah secara online, bekerja dari rumah (WFH), hingga meningkatnya kebutuhan informasi serta hiburan, mau tidak mau membuat internet rumahan menjadi hal yang penting untuk dimiliki.

Saya teringat setahun lalu ketika ibu-ibu di kompleks kami, termasuk istri saya, mengeluh betapa mahalnya biaya internet untuk sekolah online. Sebelumnya akses internet dilakukan secara tethering dari smartphone. Namun rupanya cara ini terbilang mahal jika dilakukan rutin terus menerus.

Cara tethering juga terbilang ribet karena posisi smartphone harus selalu berada di rumah ketika perangkat lain sedang tersambung. Sebuah kejadian konyol bahkan pernah saya alami ketika saya justru pergi ke warung sayur membawa smartphone ketika tethering-nya sedang terhubung ke laptop anak saya yang tengah melakukan kelas online melalui zoom.

Alhasil sepulang dari warung sayur saya kenal omel anak dan istri karena laptop anak saya putus koneksi internetnya. Ya mau gimana lagi, namanya juga lupa.

Mau tidak mau saya pun kudu memikirkan langkah untuk memasang internet rumahan. Layanan Indihome milik Telkomsel menjadi pilihan pertama yang umumnya dipertimbangkan, selanjutnya adalah MyRepublic yang spanduknya terpampang tak jauh dari tempat tinggal kami.

Namun, seminggu dua minggu, sebulan bahkan sampai tiga bulan, teknisi dari Indihome tak jua datang ke rumah kami. Padahal salesnya sudah janji dan janji lagi. Ternyata saya terkena PHP alias pemberi harapan palsu.

Bisa jadi saat itu memang sedang banyak-banyaknya calon konsumen yang ingin memasang Indihome gegara sekolah online. Harap maklum gaes.

Nah, saking nggak sabarnya dan kebutuhan internet di rumah semakin mendesak, maka justru layanan milik adiknya Indihome, yakni Telkomsel Orbit yang menjadi pilihan saya.

Orbit menawarkan internet rumahan melalui perangkat modem WiFi yang memanfaatkan layanan 4G alias jaringan nirkabel. Beda dengan Indihome yang menggunakan jaringan kabel fiber optik.

Layanan yang serupa Orbit saat ini setahu saya adalah XL Home. Namun hal utama yang membuat saya memilih Orbit adalah keterjangkauan sinyal di daerah tempat tinggal saya. Sebelum membeli modem WiFi tersebut, calon pengguna bisa mengakses website resminya untuk melihat apakah lokasi tempat tinggal kita dekat dengan BTS Telkomsel dan sudah terjangkau sinyal Orbit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x