Mohon tunggu...
Widi Kurniawan
Widi Kurniawan Mohon Tunggu... Pegawai

Pengguna angkutan umum yang baik dan benar.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Tips Aman Membeli Barang Elektronik Secara Online

6 Juni 2021   20:06 Diperbarui: 14 Juni 2021   09:49 660 15 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Aman Membeli Barang Elektronik Secara Online
Barang elektronik (Sumber foto: Pexels.com/Garrett Morrow)

Dibutuhkan kiat tersendiri atau mempelajari tentang tips aman sebelum membeli barang elektronik secara online bagi orang-orang yang baru pertama kali mencobanya. 

Hal ini karena tidak mudah untuk seseorang memutuskan bakal membeli barang elektronik via online, bisa jadi karena mereka memang belum mengetahui tips aman untuk membeli barang elektronik secara online.

Membeli barang elektronik secara online nyatanya belum menjadi pilihan yang nyaman bagi sebagian orang. Alasan utama adalah faktor keamanan. Orang masih was-was andai kena tipu oknum toko online, terlebih harga barang elektronik pastinya tidak murah.

Alasan kedua adalah faktor kenyamanan. Sebagian orang merasa harus melihat bentuk dan memegang fisik barang elektronik yang hendak dibeli. Pembeli jenis ini merasa belum puas kalau belum mencobanya di toko, sekaligus mendapatkan penjelasan langsung dari penjualnya tentang fitur-fitur yang dimiliki barang tersebut.

Namun, semestinya kita tak perlu lagi ragu untuk membeli barang elektronik secara online. Terlebih bagi orang yang butuh kepraktisan dan tidak punya waktu untuk memilih-milih barang di toko offline.

Pertimbangan lainnya, kadang jika kita datang ke toko offline justru bisa berubah rencana gara-gara kena rayu penjualnya. Misalnya saat berangkat rencananya mau beli smartphone merk A dengan budget 3 juta, eh gara-gara dirayu penjualnya kita malah goyah dan akhirnya membeli smartphone merk B dengan budget 3,5 juta.

Jika anda termasuk orang yang mudah goyah kena promosi penjual, sebaiknya memang mencoba berbelanja secara online, karena kecil kemungkinan berubah pikiran saat kita memang sudah fix untuk membeli sebuah merk dan tipe tertentu.

Nah, sebenarnya bagaimana sih tips yang aman saat membeli barang elektronik secara online? Silakan simak beberapa tips berikut yang saya rangkum berdasarkan pengalaman pribadi.

Perbanyak membaca dan melihat video review

Ingin membeli smartphone terbaru dengan budget di bawah 2 juta rupiah tapi dengan kemampuan maksimal? Buka saja YouTube dan cari dengan kata kunci seperti "Smartphone terbaru tahun 2021 budget di bawah 2 juta". Dijamin para reviewer ternama akan menawarkan beberapa pilihan yang sekiranya pas untuk kebutuhan dan dana kita.

Pengalaman saya sebelum membeli smartphone, mungkin bisa sampai 10 video yang saya tonton. Ada yang unboxing, review sebelum pemakaian, review setelah pemakaian hingga perbandingan dengan tipe sejenis di level harga yang sama.

Jangan lupa pula membaca ulasan konsumen yang telah membelinya. Juga review para blogger khusus gadget yang bisa memastikan pilihan akhir kita.

Lebih memilih belanja lewat marketplace

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x