Mohon tunggu...
Widadi Muslim
Widadi Muslim Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru yang energik, atraktif dan murah senyum. Motivator dan penulis buku kependidikan. Juara kedua kompetisi edukasi Anlene Hidup Penuh Makna. Saat ini mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 164 Jakarta Selatan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Cara Mudah Mengajarkan Anak Menulis Puisi

29 November 2022   01:18 Diperbarui: 29 November 2022   01:22 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta didik diskusi membuat puisi. (Foto: Dokumentasi sekolah)

Pembelajaran Dari Rumah (BDR) selama pandemi Covid -19 dua tahun yang lalu menyisakan berbagai kenangan bagi Pak Guru Jono. Pertama, ia semakin melek teknologi. 

Setidaknya ia bisa  mengisi ruang-ruang pada media sosial seperti: blog, fb, tik tok, instagram, snack video, youtube short, dan youtube, dengan konten lagu-lagu motivasi dan pendidikan. Saat ini Jono lebih memilih kombinasi antara kompasiana dan video YouTube. Mengapa? Kompasiana untuk menuangkan artikel, video YouTube untuk memperjelas artikel.

Kedua, membuat studio kecil di rumahnya. Lantai atas rumah Jono memiliki banyak kamar. Jono fungsikan satu kamar paling depan pada sisi kiri sehingga leluasa tatkala melakukan zoom meeting dan aktivitas pembelajaran lainnya. Tidak terganggu dengan keluar masuknya orang.

Ketiga, menguasai berbagai aplikasi pembelajaran yang dulunya tak pernah terpikirkan. Di era digital ini guru setidaknya harus menguasai minimal 3 aplikasi pembelajaran. Jika tidak, maka ia akan tertinggal oleh anak didiknya dan perubahan zaman yang sangat cepat.

Berkat studio mininya tadi ia dapat melakukan aktivitas pembelajaran dengan nyaman. Misalnya ketika ia mengajarkan cara menulis puisi via zoom meeting. Pada awalnya memang masih banyak ditemukan kekurangan, namun sudah bisa memudahkan peserta didiknya belajar. Setidaknya video tersebut sudah ditonton lebih dari 800 kali.


Saat itu, Jono mengajarkan bahasa Indonesia dengan tema "Menulis Puisi." Kompetensi dasar yang ingin dicapai  adalah menyajikan gagasan, perasaan, dan pendapat dalam bentuk teks puisi secara tertulis/ lisan dengan memperhatikan unsur-unsur pembangun puisi. Tujuan pembelajarannya adalah setelah dijelaskan tentang langkah-langkah menulis puisi peserta didik diharapkan dapat menulis puisi sesuai dengan langkah-langkah tersebut dengan tepat.

Seperti biasanya, untuk mengkondisikan otak pada gelombang alfa ia mulai mengajak peserta didik menyanyikan lagu berjudul "Ayo Belajar Literasi." Hal ini dilakukannya karena menulis puisi merupakan bagian dari literasi. Berikut lirik lagunya:

Aku suka literasi

Aku senang mengamati

Aku suka literasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun