Mohon tunggu...
Wida Dewiyarti
Wida Dewiyarti Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah guru yang mengajar mata pelajaran Projek IPAS di SMKN 2 Sumedang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Kesan Pertama Menjadi Guru Penggerak

23 September 2022   16:35 Diperbarui: 26 September 2022   18:10 981 16 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi guru mengajar di kelas (Shutterstock via KOMPAS.com)

Oleh : Wida Dewiyarti, S. Pd

Saya adalah seorang guru yang sudah mulai belajar mengajar dari Juli 2009. Jadi kurang lebih sudah 13 tahun saya belajar mengajar dan berkecimpung di dunia Pendidikan.

Saya menyebutnya "belajar" karena memang sampai detik ini saya merasa masih perlu banyak belajar dalam menjalankan tugas dan fungsi saya sebagai guru. Menjadi seorang guru adalah keinginan saya sejak duduk di bangku SMP. 

Alhamdulillah Allah Swt mengabulkannya. Hal ini berawal dari ketertarikan saya pada mata pelajaran Matematika di SMP. Waktu itu saya mendapatkan guru matematika yang luar biasa baik dan pintar. 

Materi matematika beliau sampaikan dan dikemas dengan menarik sehingga anggapan bahwa matematika itu termasuk salah satu pelajaran sulit itu tidak berlaku lagi. 

Saya sering mendapatkan pelajaran tambahan lebih banyak dari teman saya. Soal-soal pengayaan untuk mengasah kemapuan saya pun sering saya dapatkan.

Dari sanalah saya mulai punya keinginan untuk menjadi guru. Saya memilih jurusan Matematika dan Biologi pada saat mendaftar ke sebuah Universitas. Dan alhamdulillah Allah Swt takdirkan saya lulus di jurusan Pendidikan Biologi UPI Bandung.

Setelah lulus di Tahun 2009, saya diarahkan oleh salah seorang saudara untuk melamar ke sebuah sekolah dekat rumah yang saya sendiri belum mengetahui keberadaan sekolah tersebut, namanya SMK Bina Nusantara Cisalak Subang. Waktu itu sekolah SMK Bina Nusantara baru memiliki 3 rombongan belajar dan sekarang sudah memiliki 24 rombongan belajar. 

Di SMK Bina Nusantara ini saya mulai belajar dari nol dan menerapkan sedikit demi sedikit ilmu yang saya peroleh di bangku kuliah. Saya mengajar di SMK Bina Nusantara mulai dari Juli 2009 sampai dengan Juni 2022 dan dari Juli 2022 saya mulai pindah tugas karena lolos seleksi PPPK di SMKN 2 Sumedang. 

Bukan hal yang mudah bagi saya meninggalkan sekolah SMK Bina Nusantara yang sudah menjadi wadah untuk menimba ilmu selama kurang lebih 13 tahun ini. Waktu 3 bulan ini, belum cukup bagi saya untuk beradaptasi di sekolah yang baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan