Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Berapa Gaji Guru Youtuber?

30 Maret 2022   09:06 Diperbarui: 30 Maret 2022   09:10 1381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan ini merupakan tulisan kelanjutan dari tulisan saya tentang Guru Youtuber (baca disini), dan kali ini saya akan menceritakan berapa gaji seorang Guru Youtuber dengan jumlah subcriber 10.400. 

Surat cinta dari google adsense sudah saya dapat dari 8 Februari 2021, setelah 6 bulan lamanya menunggu....alhamdulillah sampai juga ke rumah, yang mengantar pak Pos yang baik hati... he..he..

Sebelum verifikasi channel kita juga diminta untuk melakukan verifikasi nomor rekening bila kita ingin pembayaran langsung di transfer ke nomor rekening kita.

Bagaimana cara verifikasi nomor rekening?
Nah ini juga tidak kalah membingungkan... (apa-apa membingungkan ya... tapi asyik karena punya pengalaman unik).
Setelah kita memasukkan nomor rekening yang akan kita pakai, kemudian kita diminta memasukkan nomor unik yang terdiri dari 3 angka yang nanti akan di beri tahu di buku tabungan yang kita daftarkan yaitu dengan cara Google Adsense akan mentransfer sejumlah uang sebesar 3 digit (angka) ke nomor rekening yang kita daftarkan.

Setelah 2 bulan mendaftar akhirnya saya mencoba untuk membuat rekening koran pada rekening saya supaya tahu ada yang transfer berupa 3 angka di nomor rekening saya. Dan ternyata benar ada transfer sebesar 719 rupiah ke nomor rekening saya, dan nomor itulah yang saya masukkan sebagai verifikasi nomor rekening yang saya daftarkan ke Google Adsense. Setelah itu nomor rekening saya bisa di gunakan untuk mentransfer penghasilan iklan dari Google Adsense...

BERAPA PENGHASILAN SAYA PER BULAN?
Penghasilan seorang You Tuber tergantung pada jumlah Subscribe dan Viewer tiap bulannya. Karena itu kita di harapkan untuk selalu upload video setiap hari atau setiap minggu supaya channel kita bisa berkembang. Nah ini gambaran pendapatan channel saya tiap bulannya:

Dokpri: Estimasi pendapatan di You Tube studio
Dokpri: Estimasi pendapatan di You Tube studio

Ini adalah estimasi pendapatan bulanan saya dari bulan Oktober 2021 sampai dengan Maret 2022, dengan jumlah subscriber 10.400. Dan mengapa berbeda- beda karena jumlah viewer tiap harinya tiap bulannya berbeda-beda. Misal pada bulan Desember 2021 itu adalah saat libur sekolah jadi yang menonton video pembelajaran di channel saya sangat sedikit akibatnya saya mendapatkan penghasilan sebesar 15,63 $ atau sekitar 200 ribu rupiah pada bulan Desember 2021.  

Berbeda dengan bulan Februari banyak yang menonton video pembelajaran di chanel saya jadi saya memperoleh penghasilan sebesar 58,37 $ atau sebesar 760 ribu rupiah pada bulan Februari 2022. Dan Estimasi penghasilan bisa kita lihat di analisis pendapatan pada aplikasi You Tube Studio chanel kita masing-masing (bila chanel sudah terdaftar di Google Adsense). 

Jadi bisa dibedakan dengan chanel para youtuber yang sudah mempunyai jutaan Subscriber dan jutaan penonton sekali video di upload, tinggal dikalikan saja...pasti menggiurkan ya??? tapi ingat ya.. semua butuh usaha keras untuk mengembangkan chanel dan tentunya keuletan dalam upload video tiap hari kalo bisa mah...

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun