Mohon tunggu...
wety yuningsih
wety yuningsih Mohon Tunggu... Guru - Guru Biologi SMAN 1 Cililin suka berbagi, Guru Youtuber, Guru Blogger ....

Guru Youtuber, Guru Blogger

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menjadi Guru Youtuber

26 Maret 2022   11:59 Diperbarui: 26 Maret 2022   12:04 559
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Channel Wety Yuningsih

Channel ini dibuat tahun 2015, pada awal pembuatannya bertujuan untuk bisa melihat dan berkomentar di video channel orang lain. Dari tahun 2015 vakum dan akhirnya mulai upload video pembelajaran pada akhir bulan Juni 2020. Dan sekarang alhamdulillah sudah ada  10.360 subscriber, 685 video yang sudah di upload dan 1.905.875 video views. Suatu pencapaian yang tak pernah terbayang sebelum nya.. penasaran? simak ya cerita tentang guru You Tuber berikut...

Mengajar di awal Pandemi Covid 19.

Maret 2020 ditetapkan pembelajaran jarah jauh (PJJ) karena adanya pandemi Covid 19. Jujur sebagai guru saya bingung... karena biasanya mengajar langsung... memberi materi, praktikum, game dalam pembelajaran mungkin sudah hal yang biasa buat saya, tapi kalau harus mengajar daring secara online, saya masih sangat awam tidak mengerti apa-apa. Akhirnya awal pandemi saya hanya menggunakan aplikasi Google Classroom dan grup Whatsapp. Saya hanya membagikan PPT (Power Point ) materi yang saya buat sendiri waktu pembelajaran tatap muka... ya anak di paksa untuk membaca PPT sendiri tanpa saya arahkan atau saya jelaskan.. kemudian saya memberi soal- soal dan apa jadinya.. mereka bingung dan tambah tidak mengerti tentang materi Biologi. Saya bukan memikirkan bagaimana mengajar yang mengasyikkan secara daring malah saya menggeluti dunia hidroponik ????ya.. saya menjadi petani hidroponik dengan menanam berbagai macam biji seperti kangkung, aneka cabe, tomat, terung dan yang lainnya. Tapi tetap jiwa saya sebagai guru ada yang kosong... saya tidak mengajar sepenuhnya... ????

Meminta saran murid

Akhirnya saya meminta saran murid- murid saya yang waktu itu kelas 11 IPA dan IPS (anak IPS ada lintas minat Biologi) bagaimana baiknya saya mengajar daring tahun ajaran baru nanti? Karena materi Biologi kelas 12 SMA hampir semua materi baru yang belum pernah mereka pelajari di bangku SMP, jadi saya meminta saran murid tentang pembelajaran daring yang mereka inginkan.

Ternyata mereka menjawab ingin mendengar suara Ibu Wety langsung, artinya saya harus membuat video pembelajaran sendiri sehingga penyampaian materi sesuai dengan apa yang selama ini saya ajarkan ke peserta didik secara tatap muka. Saran yang sangat bagus... tapi.....

Guru Gaptek (Gagap Teknologi/IT)

Hal yang paling saya hindari dari dulu adalah bahasa Inggris dan IT. yaaa.... saya guru yang tidak suka dengan IT, tapi saya ingin sekali bisa membuat video pembelajaran untuk murid- murid saya.. bagaimana caranya?? yaaa.... saya bingung dan sedih.. akhirnya saya melihat- lihat banyak video pembelajaran.

Waktu pertama kali saya lihat di laptop saya ada aplikasi Camtasia... duh... saya buka makin pusing ini buat apa ya?  alhamdulillah banyak video tutorial pemakaian aplikasi Camtasia sehingga saya mengutak- atik sendiri dan akhirnya pada tanggal 26 Juni 2020 saya bisa upload video pertama saya ke You Tube setelah seminggu berusaha untuk mempelajari aplikasi tersebut. Setelah di upload ternyata baru ketahuan ada masalah yaitu saat video ditonton lewat Hp tidak muncul suara saya, tapi bila menggunakan head set suara saya jelas. Saya mencoba bertanya ke teman-teman yang pakar IT mereka pun bingung... ya sudah ... akhirnya saya tulis di judul video, kalo harus memakai headset bila melihat video saya lewat Hp. 

Yaaa.... video pertama saya banyak kekurangan.... jauh dari kata sempurna tapi nekat saya upload ke channel You Tube saya, karena melatih keberanian dan pastinya banyak saran kritik supaya saya lebih baik lagi. Dan prinsip yang saya pegang adalah Video yang sempurna adalah yang selesai dan di upload serta bermanfaat buat banyak orang. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun