Mohon tunggu...
Weny Meilisa
Weny Meilisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

Hobi saya adalah membaca,menulis dan bernyanyi, walaupun menulis sangat melelahkan tapi jika ditekuni dengan baik maka itu akan menjadi hal yang menyenangkan. Kepribadian saya saat itu cukup terbuka dan mampu beradaptasi dengan cepat walaupun saya penuh dengan kecemasan. Topik favorit saya adalah isu isu hangat mengenai dunia karena menurut saya itu dapat membuka pikiran saya untuk melihat bagaimana dunia didepan saya sebenarnya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Tugas Pasca Geladi Hominisasi

9 Desember 2022   22:24 Diperbarui: 9 Desember 2022   22:43 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tugas pra gladi sebelumnya setiap mahasiswa/I yang mengikuti gladi diberi tugas yaitu mendengarkan lagu Indonesia Raya 3 stanza. Menurut saya itu cukup menarik karena kita sendiri dikehidupan sehari-hari jarang mendengarkan lagu tersebut jika tidak dalam acara-acara tertentu, mendengarkan keseluruhan lagu itu sangat membantu kita dalam mengingat kembali stanza 2 dan 3 yang berisikan lirik yang sangat indah dan bermakna. 

Kemudian pada tugas menonton film documenter, saya pribadi memilih ketahanan pangan di Indonesia, dari film tersebut banyak hal yang dapat dipelajari salah satunya menunjukan bahwa Indonesia sendiri kaya akan bahan alam yang tentunya jika dikelola dengan benar maka akan mengasilkan sesuatu yang baik bagi masyarakat Indonesia. Pada hari H Gladi juga para peserta diajarkan untuk bersoialisasi dengan setiap anggota kelompok, melatih menjadi pemimpin yang baik dalam sebuah kelompok serta belajar bagaimana cara menghargai pendapat orang lain. Pelajaran pribadi bagi saya adalah melatih keberanian dan public speaking. Pada hari  H gladi juga diberi tugas presentasi dengan berbagai ide yang menarik seperti drama, podcast serta hal menyenangkan lainnya.

Refleksi pengalaman saya terkait gladi ini adalah saya pribadi dapat memahami pentingnya kerja sama dalam kelompok dan setiap individu membawa pengaruh bagi individu lainnya baik itu positif ataupun negatif, jadi dikehidupan nyata saya seharusnya dapat membawa pengaruh baik kepada orang lain juga serta menghargai keberadaan orang lain. Kita perlu menggunakan kemampuan logika dan Bahasa sebagai warga negara Indonesia karena dalam menyampaikan sesuatu haruslah dipikir terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahpahaman yang memicu pertikaian. 

Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa negara juga harus di terapkan dengan baik karena Bahasa merupakan identitas bangsa. Jika kita tidak menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik maka sama saja kita tidak menghargai Bahasa kita sendiri.

Manfaat yang saya dapatkan dari gladi ini secara materi adalah saya menjadi lebih memahami lagu Indonesia raya 3 stanza, memahami tentang ketahanan pangan di Indonesia serta informasi dan pengatauan mengenai hari guru nasional (tema yang kelompok saya dapatkan). 

Memang tidak  mudah bekerja sama dengan orang baru yang tidak pernah ditemui tetapi karena kita para anggota kelompok mau mencoba dan mau bekerja sama sehingga bisa mengatasainya. Kami para peserta juga diajarkan bagaimana melatih public speaking serta bagaimana presentasi dibawa semenarik mungkin yang bisa menarik perhatian penonton. Yang saya terapkan dalam perkuliahan setelah gladi ini adalah cara membuat presentasi yang baik dan semenarik mungkin yang tentu saja membantu saya dan para penonton memahami materi dengan lebih baik. Saya juga belajar dalam bekerja sama dengan kelompok dengan baik agar hasil yang didapatkan juga maksimal.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun