Mohon tunggu...
Wening Suciati
Wening Suciati Mohon Tunggu... Mahasiswa

Teknik Industri Universitas Mercu Buana, Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Fungsi Agama Dalam Bermasyakat Di Situasi Covid-19

7 Juli 2020   15:35 Diperbarui: 9 Juli 2020   12:18 43 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fungsi Agama Dalam Bermasyakat Di Situasi Covid-19
psbb-5f035410097f3650a3206f64.jpg

Fungsi agama secara umum adalah sebagai pedoman hidup manusia dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu maupun kelompok. Sebagai sumber aturan tata cara hubungan manusia dengan Tuhannya dan juga sesama manusia terhadap sesuatu yang luar biasa (supranatural) di luar dirinya.

Masalah agama tidak akan mungkin dapat dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat, karena agama itu sendiri ternyata diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam prakteknya fungsi agama dalam masyarakat antara lain :

  • Berfungsi Edukatif (Menyuruh dan Melarang)
  • Covid 19 terus melonjak sangat tinggi di Indonesia, bahkan membuat seluruh masyarakat di dunia menjadi khawatir dengan keadaan saat ini. Segala macam cara dilakukan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Didalam fungsi agama ini, pemerintah membari larangan yang harus dilakukan oleh masyarakat, diantaranya :
  • Mematuhi peraturan PSBB (Pembatasan Sosial Bersekala Besar)
  • Memakai masker
  • Tidak berkumpul

Dalam hal ini, masyarakat harus bisa bekerja sama membantu pemerintah dalam menjalankan  peraturan yang sudah dibuat.

(Melakukan Sholat Idul Fitri Dengan Protokol Kesehatan dan Jaga Jarak)


Berfungsi Penolong Dalam Kesukaran

Covid-19 di Indonesia membuat seluruh kota menjadi mati. Dengan bertambahnya angka positif di Indonesia menjadikan beberapa pegawai dikota kehilangan pekerjaannya dikarenakan sebuah alasan dari pihak perusahaan atau dibisa kita sebut dengan istilah PHK. Dalam fungsi agama, kita diminta untuk saling membantu/menolong saudara kita dalam keadaan seperti ini. Bantuan dari pemerintah diterjunkan, bahkan uluran tangan dari masyarakat yang masih mampu terus mengalir untuk saling menyambung hidup dikeadaan pandemic ini. Salah satunya yaitu seperti pada gambar dibawah ini :

19-5f035477097f366e324a7cd2.jpg
19-5f035477097f366e324a7cd2.jpg

(Ketua RT003/013 Membantu Warga Dalam Membagi Kebutuhan Sehari-hari)


Berfungsi Sebagai Penentram Batin

Untuk fungsi ini, kita sebagai masyarakat wajib saling menguatkan dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan, tetapi disisi lain kita tidak boleh terlalu takut, tetapi kita juga tidak boleh meremehkannya. Jadi inti dari itu adalah kita tetap memperhatikan kondisi dan lingkungan sekitar, tidak sembarang dalam melakukan suatu hal.

Pada fungsi agama yang sudah disampaikan dapat disimpulkan bahwa terdapat hak dan kewajiban didalamnya. Keutamaan dalam hal ini, yaitu kewajiban. Kita sebagai masyarakat wajib mematuhi kewajiban yang sudah tertera, dalam menjalankan kewajiban yang baik akan menghasilkan sebuah hak yang baik juga.

Tulisan ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewarganegaraan yang diampuh oleh Dr. Rosmawaty Hilderiah Pandjaitan, S.Sos., M.T., CPR., CICS.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x