Mohon tunggu...
Achmad Suwefi
Achmad Suwefi Mohon Tunggu... Administrasi - pekerja swasta yang suka nulis

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Senangnya Kakak Bisa Sekolah Offline Lagi

26 Agustus 2021   11:21 Diperbarui: 26 Agustus 2021   11:35 225 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Senangnya Kakak Bisa Sekolah Offline Lagi
   (Suasana belajar dirumah / sumber foto dilansir dari bangkokpost.com)

                                                          

"Ayah, aku sudah bisa berangkat sekolah mulai minggu depan"

Itulah ungkapan penuh keceriaan dan semangat via WA yang dikirimkan putriku yang tahun ini masuk MTS. Penantian akan bisa kembali sekolah offline alias Pembelajaran Tatap Muka (PTM) begitu kuat, apalagi momen kelulusannya dari MI juga terasa hambar karena tidak ada perayaan ataupun liburan bersama karena situasi Covid19 yang belum reda.

Belajar daring memang membosankan bagi sebagaian anak usia sekolah dasar ataupun menengah pertama, ditambah standard tiap sekolah tiap daerah pun tentunya berbeda-beda. Ada yang bisa zoom meeting tapi ada yang sebatas via WA grup saja seperti yang dilakoni putri saya saat MI maupun awal masuk MTS tahun ini.

Hasilnya bisa dipastikan tidak maksimal, lha wong tiap hari bertemu pak guru/ ibu guru saja terkadang masih belum memberikan efek pembelajaran secara maksimal. Apalagi kalau tidak bertemu dan hanya mengandalkan tugas yang kadang lebih banyak orang tua yang berjibaku membantu menyelesaikan tugas yang diberikan.

Akhirnya siswa/i pun tidak maksimal dalam meng-eksplore kemampuan yang dimilikinya dan kecenderungannya lebih banyak main dibandingkan saat belajar tatap muka. Hasil yang sebanding dengan hasil survey yang dilakukan di Thailand soal efektifitas belajar secara daring terhadap siswa maupun untuk orang tua.

Dari orang tua dan wali, 66,16% khawatir anak tidak konsentrasi belajar dan kurang semangat; 64,64% khawatir anak-anak tidak akan memahami pelajaran yang diberikan secara online; dan 61,65% khawatir anak-anak tidak akan bisa memahami pelajaran secara utuh.

Sedangkan di antara anak-anak, 74,25% khawatir mereka tidak akan sepenuhnya memahami pelajaran; 63,47% khawatir dengan kurangnya interaksi dengan teman; dan 62,28% berpikir mereka tidak akan bisa belajar sebanyak di kelas.

Sumber rujukan: (di sini)

Kini PTM sudah dimulai, tentu dengan aturan yang sudah dikeluarkan Departemen Pendidikan maupun Departemen Agama, tinggal bagaimana aturan bisa berjalan tepat sasaran dan tidak menimbulkan efek susulan sebagaimana ketakutan kita akan kembali nya cluster covid19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan