Mohon tunggu...
Achmad Suwefi
Achmad Suwefi Mohon Tunggu... pekerja swasta yang suka nulis

You will never walk alone

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Liverpool dan Rekor 48 Tahun Silam

24 Februari 2020   13:18 Diperbarui: 24 Februari 2020   14:14 66 3 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liverpool dan Rekor 48 Tahun Silam
(Liverpool era 1972 dan 2020 / sumber foto dilansir dari Dailymail.co.uk)

Sebagai klub yang telah berdiri sejak 127 tahun silam, Liverpool telah mencatatkan bermacam prestasi manis baik dilevel domestik maupun level internasional. Raihan trofi bergengsi telah menjadikan Liverpool sebagai salah klub kuat di Inggris maupun di Eropa, termasuk catatan manis yang diraih anak asuh Juergen Klopp musim 2019/2020 ini usai musim lalu meraih treble winners atas kesuksesannya menjuara Liga Champions, Piala Super Eropa dan Piala Dunia antarklub FIFA.

Dalam perjalanannya hingga sekarang tentunya banyak rekor yang diciptakan Liverpool termasuk tentunya rekor kemenangan liga Inggris dikandang, stadion Anfield. Dan bukan kebetulan jika Mo Salah dkk berpeluang menyamai rekor kemenangan terlama Liverpool dikandang yang sudah bertahan sejak 48 tahun silam. Liverpool musim 1972 yang saat itu dilatih Bill Shankly dengan para pemain legendaris macam Emlyn Hughes dan Tommy Smith sukses mencatatkan rekor 21 kemenangan dikandang.

Dan kemenangan 4-0 Liverpool atas Southampton diawal Februari lalu membuat Juergen Klopp, manajer Liverpool sukses mengoleksi 20 kemenangan kandang sejauh ini. Berselisih satu kemenangan saja baginya untuk menyamai rekor yang dibuat Bill Shankly dan nanti malam dipekan ke-27 Liverpool berpeluang menyamai rekor tersebut saat menjamu tim yang sedang berjuang dizona degradasi, West Ham United.

Walau harus kehilangan sang kapten, Jordan Henderson yang cidera saat Liverpool bertemu Atletico Madrid di babak 16 besar liga champion.ns. Liverpool tetap berpeluang besar meraih kemenangan karena masih memiliki pelapis bagus dalam diri Jame Milner, Naby Keita hingga pemain baru asal Jepang, Takumi Minamino. Kemenangan menjadi tujuan usai di mid week ini Liverpool harus menelan kekalahan 0-1 dari Atletico Madrid.

Berikut komparasi raihan kemenangan antara Liverpool musim 1972 dengan musim 2019/20 sebagaimana yang dilansir dari Dailymail.co.uk

Dailymail.co.uk
Dailymail.co.uk
Berikut daftar pemain yang memperkuat Liverpool

Liverpool musim 1972 : Ray Clemence, Chris Lawler, Alec Lindsay, Tommy Smith (c), Larry Lloyd, Emlyn Hughes,  Kevin Keegan, Peter Cormack, Steve Heighway, John Toshack dan Ian Callaghan.

Liverpool musim 2019/20 : Alisson, Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson, Fabinho, Jordan Henderson (c), Georginio Wijnaldum, Sadio Mane, Roberto Firmino dan Mohamed Salah.

Jika nanti malam Liverpool sukses melumat tamunya, West Ham maka rekor 48 tahun silam pun akan sukses disamai Mo Salah dkk. Dan kemungkinan mempertajam rekor pun bisa diwujudkan jika konsistensi terus diperlihatkan hingga akhir musim plus tentunya menjuarai Liga Primer Inggris musim 2019/2020 sekaligus mengakhiri puasa gelar sejak 1990 silam.

Rekor dan rekor lagi, Liverpool!

#YNWA

VIDEO PILIHAN