Mohon tunggu...
Weedy Koshino
Weedy Koshino Mohon Tunggu... Weedy Koshino

Hallo. Ibu 2 anak yang hidup di Jepang. Ingin membagi pengalaman selama hidup di Jepang. Semoga bisa bermanfaat. Yoroshiku Onegaishimasu.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Artikel Utama

Kenapa Orang Jepang Tidak Bisa Cuek dengan Sampah?

21 Juli 2017   22:52 Diperbarui: 22 Juli 2017   09:18 0 17 6 Mohon Tunggu...
Kenapa Orang Jepang Tidak Bisa Cuek dengan Sampah?
Supporter habis nonton pertandingan baseball.| Dokumentasi pribadi

Kemarin-kemarin saya pergi temenin suami nonton baseball karena kebetulan pas tim favoritnya Carp Hiroshima sedang bertandig di Tokyo. Habis selesai pertandingan saat jalan menuju pulang, saya kaget melihat mbak-mbak panitia berderet pada megang kantong plastik guedee. 

"Pah bentar, saya poto dulu ini pemandangan aneh banget."

"Lah dimana anehnya mah, kok motoin orang pada buang sampah, ayok cepetan maju ini yang dibelakang jadi pada ngantri deh gara-gara kamu mendadak berhenti di anak tangga, ayok cepet majuu" kata suami saya bawel.

hadeehh...

Jepun oh jepuun. 

Geregetan saya lihat kelakuan orang-orang Jepang ini, khususnya kalau yang berhubungan dengan sampah. Tapi anehnya kayaknya kok saya aja yang ndeso norak lihat orang-orang ini yang pada tertib buang sampah habis nonton pertandingan baseball. Apalagi sampe ribet motoin embak-embak panitia yang sedang membawa kantong plastik bening untuk tempat pembuangan sampah para supporter yang akan pulang. Eh ternyata emang cuma saya sendiri nih yang terlihat riweuh cekrak cekrek motoin yang begituan. Ya, yang begituan itu yang saya anggap aneh. Mungkin bagi orang Jepang sendiri hal yang biasa dan kerap dilakukan tapi kok bagi saya sangat luar biasa ya. 

Bukan saja heran sama mbak yang megangin plastiknya saja, lah orang-orang yang pada nenteng-nenteng botol atau kaleng bekas minuman itu, kok ya mau-maunya sih? Peduli amat sama sampah. Kenapa gak pada buang sembarangan saja? Kenapa gak pada cuek nyelipin itu sampahnya di antara bangku atau geletakin aja sik di bawah kursinya. 

Eh malah mau repot-repot nenteng sampah botol atau kaleng serta bungkusan cemilan yang mereka makan tadi saat lihat pertandingan, untuk nantinya di buang di kantong sampah yang dipegang panitia saat jalan menuju pulang. Mau ya direpotin begituan, padahal kita tahu orang Jepang itu super sibuk, jalan aja kaya orang mau ambil gaji, tapi kok kalo sudah urusan kebersihan, mau mereka alon-alon nunggu sabar untuk itu sampah dibuang pada tempatnya! Gemes. 

Budaya Bersih, Budaya Ngantongi Sampah.

Dulu saya ndeso sekali lihat Jepang yang jarang tempat sampah tapi kok bisa bersih kinclong begini. Kok bisa? Lama-lama saya jadi ngeh kalau ternyata orang Jepang ini memang sudah diajarkan sejak kecil untuk berakrab ria dengan sampah. Sampah kok diakrabi ya? Ya, iya lihat aja itu anak-anak kecil yang suka ngantongi sampah cemilannya saat main di taman untuk dibuang di rumah. Gara-gara kebiasaan itu, makanya setelah beranjak dewasa gak jijik mereka sama yang namanya sampah. 

Dan di setiap kegiatan atau acara apapun di sekolah yang bersifat outdoor, coba deh cek di poin-poin dalam suratnya, ada loh himbauan untuk membawa kantong plastik. Dulu saya pikir itu kantong plastik untuk tempat muntah kalau kita eneg, eh oalah ternyata bukan! itu plasik berfungsi untuk tempat sampah-sampah kita saat mengikuti acara yang nantinya akan dibawa pulang rumah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x