Mohon tunggu...
Max Webe
Max Webe Mohon Tunggu... Penulis - yesterday afternoon writer, working for my country, a reader, any views of my kompasiana are personal

"There is so much weariness and disappointment in travel that people have to open up – in railway trains, over a fire, on the decks of steamers, and in the palm courts of hotels on a rainy day. They have to pass the time somehow, and they can pass it only with themselves. Like the characters in Chekhov they have no reserves – you learn the most intimate secrets. You get an impression of a world peopled by eccentrics, of odd professions, almost incredible stupidities, and, to balance them, amazing endurances." — Graham Greene, The Lawless Roads (1939)

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Jangan Takut Terjebak Resolusi Tahun Baru, Ini Jalan Keluarnya

1 Januari 2024   10:48 Diperbarui: 1 Januari 2024   11:47 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: Shutterstock 

Kamu tahu apa yang hebat? Jika berat badan saya berkurang 3 kg, bekerja lebih efisien, memperjuangkan keadilan, mengasuh anak dengan sabar, menghabiskan lebih sedikit uang, dan tidak pernah mengalami kesedihan, kemarahan, frustrasi, atau godaan.

Kamu tahu apa yang akan aku lakukan! Saya hanya akan memutuskan untuk mewujudkannya! Pertama, saya akan memutuskan bahwa saya akan mengubah, segala sesuatu tentang diri saya, dan kedua, saya akan memutuskan hari mana saja untuk memulai, sebut saja 1 Januari.

Untuk memulai, menurunkan berat badan 3kg, saya akan membeli perangkat kesehatan yang dapat dipakai dan bergabung dengan gym. Sayangnya, ini berarti saya harus melanggar resolusi saya untuk mengeluarkan lebih sedikit uang. Sebagai kompensasinya, saya akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak uang. Namun ini berarti saya akan memiliki lebih sedikit waktu untuk dicurahkan pada hal-hal yang berarti bagi saya. 

Begitu banyak resolusi---tapi sejujurnya, saya tetap saja melemparkan resolusi itu ke sana. Untuk menebusnya, saya mengadakan jamuan makan malam bersama keluarga, pengalaman yang bermakna dan membuang ponsel kami ke sungai.

Lihat betapa hebatnya semua ini?

Saya bukan mengatakan tidak ada gunanya mencoba memperbaiki diri atau hidup Anda. Apa yang saya katakan adalah Anda tidak benar-benar hancur. Uang Anda, pola asuh Anda, berat badan Anda, emosi Anda, sifat buruk Anda - ini bukanlah hal-hal cacat yang perlu diperbaiki atau dioptimalkan atau dijinakkan agar tunduk. Mereka adalah bagian dari menjadi seseorang.

Dan di situlah, teman-teman, itulah sebabnya mengapa resolusi Tahun Baru buruk: Resolusi tersebut tidak memberikan banyak manfaat bagi Anda, melainkan hanya memperkuat gagasan bahwa Anda saja tidak cukup. Namun hal ini menguntungkan kekuatan yang lebih besar yang tidak Anda ciptakan dan tidak dapat Anda kendalikan -- kekuatan yang sama yang meyakinkan Anda bahwa Anda telah hancur.

Dengan kata lain, resolusi Tahun Baru adalah jebakan, begitu kata orang atau saya yang menyatakan

Mengapa resolusi Tahun Baru gagal

Banyak resolusi Tahun Baru yang memiliki niat positif, seperti fokus pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan. Masalahnya adalah kita cenderung menetapkan ekspektasi terlalu tinggi dengan ekspektasi yang tidak realistis, pemikiran ekstrem, dan fokus pada hasil di masa depan dibandingkan perjalanannya.

Harapan yang tidak realistis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun