Mohon tunggu...
Yogi Setiawan
Yogi Setiawan Mohon Tunggu... Aku adalah

Pemuda yang penuh semangat, senang berbagi dan pantang menyerah. Mulai menulis karena sadar akan ingatan yang terbatas. Terus menulis karena sadar saya bukan anak raja, peterpan ataupun dewa 19.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Harapan Ramadan yang Semoga Menjadi Kepastian

6 Mei 2019   22:35 Diperbarui: 7 Mei 2019   02:53 0 4 3 Mohon Tunggu...
Harapan Ramadan yang Semoga Menjadi Kepastian
Masjid Raya Bandung Propinsi Jawa Barat (Sumber Foto: DWL)

Harapanku selama ramadan di tahun 2019 yang pertama adalah bisa menulis setiap hari konsisten minimal selama 30 hari. Maklum saja sudah 6 bulan lamanya saya tidak menulis di kompasiana. Postingan terakhir tentang harapan ketersediaan energi di Sulawesi Tengah pascagempa. 

Menulis itu membutuhkan waktu. Dan kita harus menyediakan waktu untuk menulis. Jika tidak, maka tidak akan pernah jadi sebuah tulisan jika kita tidak benar-benar meniatkannya. Bismillah.

Harapan yang kedua di ramadan ini, yaitu meningkatkan ibadah hablumminallah dan hablumminannas. Tadarus Quran, hafalan Quran, sholat tahujud, dhuha, dan i'tikaf di sepuluh malam terakhir menjadi target ramadan tahun ini. Jika dirincikan, akan seperti ini harapan dan target ramadan tahun ini.

  1. Tadarus Quran, minimal bisa khatam 2 kali. Cara mewujudkannya, yaitu dengan membaca 1 juz ba'da subuh. Kemudian 2 lembar ba'da sholat dhuha, 2 lembar ba'da sholat zuhur, 2 lembar ba'da sholat ashar dan 4 lembar di sela-sela aktifitas yang luang.
  2. Hafalan Quran, minimal bisa menyelesaikan hafalan surat Ar-Rahman. Cara mewujudkannya dengan menghafal ba'da tahajud sebelum saur, 3 ayat. Kemudian di ulang-ulang di saat waktu luang.
  3. Sholat Tahajud, mengusahakan untuk sholat tahajud setiap hari.
  4. Sholat Dhuha, mengusahakan untuk sholat dhuha setiap hari.
  5. I'tikaf, dari 10 malam terakhir yang ada, minimal bisa i'tikaf 8 malam.

Itu targetan dalam hablumminallah. Kemudian dalam hablumminannas. Ada beberapa targetan:

  1. Berperan dalam kegiatan dakwah di bulan ramadan. Bisa dengan menjadi panitia pesantren kilat ramadan, dan sebagainya.
  2. Berperan dalam kegiatan berbagi untuk buka puasa bersama. Paling tidak ikut menyumbang untuk orang-orang yang berbuka puasa. Bisa dengan menyediakan makanan, minuman atau uang yang diserahkan kepada panitia penyelenggara.
  3. Mempererat silaturahim dengan saudara dan teman yang sudah lama tak jumpa. Kegiatan berbuka puasa bersama, bisa menjadi sarananya.
  4. Mempererat hubungan di dalam keluarga yaitu dengan memperbanyak waktu berkumpul bersama keluarga. 
  5. Memperat hubundan dengan keluarga si dia. Ahayy ini harapan yang paling joss. Semoga harapan ini bukan hanya sekedar harapan, tapi menjadi kepastian. Minta doanya ya, teman-teman semoga dipermudah dan disegerakan. Aamiin, aamiin ya robbal aalaamiin.

Itulah harapan dan targetan saya di ramadan tahun ini. Kalau kamu bagaimana? 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x