Mohon tunggu...
Wasiatur riskiyah
Wasiatur riskiyah Mohon Tunggu... mahasiswi

kamu pasti bisa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Biografi K.H. Hasyim Asy'ari

3 April 2020   11:17 Diperbarui: 3 April 2020   11:25 98 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Biografi K.H. Hasyim Asy'ari
tirto.id

 Biografi KH. Hasyim Asy'ariPembangun lembaga keagamaan terbesar di indonesia Nahdlatul ulama adalah KH. Hasyim Asy'ari dan beliau juga sangat terkenal penting sejarah perjuangan kemerdekaan di indonesia. Beliau sangat terkenal menjadi seroang hamba ilmu yang artinya tidak pernah puas waktu mencari ilmunya. Sangat banyak  pondok pesantren yang pernah KH. Hasyim asy'ari singgahi atau menempati untuk belajar sampai ke tempat singgahan terbaik untuk mencari ilmu yaitu mekkah. 

Kita harus bisa meneladani atau mengikuti sikap seperti beliau, seluruh kehidupannya tidak bisa lepas dari pesantren-pesantren.Kehidupan KH. Hasyim Asy'ari ia di besarkan dan dididik dikalangan pesantren. Setelah 7 tahun melaksanakan ibadah haji di mekkah dan mencari ilmu di kalangan pesantren di masjid al-haram dan masjid nabawi, setelah  itu beliau kembali pulang ke nusantara untuk membangun pesantren sendiri. Untuk mengatur atau membariskan kegiatan kegiatan politik di pesantren.

KH. Hasyim Asy'ari diberi nama oleh orang tuanya, ia keturunan dari kiai jawa 24 dzalqadah 1287/14 februari 1871 di gedang. Ayahnya KH. Hasyim Asy'ari pendiri keras di jombang sekitar dua kilometer di sebelah timur. Sementara kakeknya adalah kiai yang terkenal yaitu kiai utsman, abad ke-19 kiai utsman mendirikan pesantren gedang.

Pembangun pesantren tambakberas jombang yang mendirikan adalah leluhur KH. Hasyim Asy'ari yaitu kiai Sihah. KH. Hayim Asy'ari mendapatkan banyak ilmu pengetahuan agama islam dari lingkungan pesantren keluarganya. Santri terpandai di pesantren kiai utsman adalah ayah dari KH. Hasyim Asy'ari, sehingga beliau di jodohkan dengan anaknya halimah. Ibu KH. Hasyim Asy'ari merupakan anak pertama dari 6 bersaudara.

Ayahnya KH. Hasyim Asy'ari keturunan dari abdul wahid dari tingkir yang dipercayai keturunan raja muslim jawa. KH. Hasyim Asyari juga merupakan keluarga dari bangsawan. KH. Hayim Asy'ari mempunyai 10 saudara, beliau dididik oleh orang tua dan kakeknya di pesantren gedang sampai umur lima tahun. Santri gedang mengamalkan ajaran agama islam dan mencari ilmu di beberapa cabang ilmu.

Pendidikan KH. Hasyim Asy'ari
Abdul wahid hasyim keturunan dari KH. Hasyim Asy'ari beliau sebagai atasan atau pemimpin pesantren tebuireng, beliau juga aktif di gerakan politik tingkat nasional. Abdul wahid hasyim juga penjabat menteri agama dan seseorang yang merumuskan piagam jakarta. Sedanglan anaknya yang paling kecil yusuf hasyim dia juga aktif di militer dan politik tingkat nasional. Semenjak KH. Hasyim Asy'ari mendirikan pondok pesantren tebuireng beliau dipercayai beberapa orang bahwa KH. Hasyim Asy'ari mempunya kekuatan yang sangat luar biasa, yang tongkatnya bisa meyerang lawan sendiri.

Kepercayaan KH. Hasyim Asy'ari sangat di hormati banyak orang. Kyai kholil bangkalan mantan guru KH. Hasyim Asy'ari juga menunjukkan rasa hormat ketika bulan ramadhan KH. Hasyim asy'ari dianggap guru oleh para kyai-kyai lainnya. Saat kyai kholil meninggal kepemimpinan para kyai diberikan kepada KH. Hasyim Asy'ari. Salah satu karyanya adalah kitab adaabu allim wal muta'allim. 

Setelah saya membahas tentang semua yang ada di pembahasan ini, dan dan dapat di simpulkan KH. Hasyim asyari lahir pada tanggal 24 zulqa'dah 1287 H di jombang. Beliau di besarkan dilingkungan pesantren sejak kecil, dan beliau wafat pada 7 ramadhan 1366 H. KH. Hasyim asy'ari banyak memiliki karya kitab salah satunya adalah kitab adaabu al-alim muta'allim.pemikiran pendidikan islam kh. Hasyim asy'ari aaah pendidik harus selalu mengamalkan  ilmunya kepada peserta didik.

VIDEO PILIHAN