Mohon tunggu...
Hendra Wardhana
Hendra Wardhana Mohon Tunggu... soulmateKAHITNA

Anggrek Indonesia & KAHITNA | Kompasiana Award 2014 Kategori Berita | www.hendrawardhana.com | wardhana.hendra@yahoo.com | @_hendrawardhana

Selanjutnya

Tutup

E-Sport Pilihan

Asyiknya Memainkan EURO 2020 di Game PES Mobile, Inggris Juaranya!

9 Juni 2021   08:26 Diperbarui: 9 Juni 2021   08:51 374 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Asyiknya Memainkan EURO 2020 di Game PES Mobile, Inggris Juaranya!
Harry Kane, Gol! | dok. pribadi.

Menjelang kick off EURO 2020, Game Pro Evolution Soccer (PES) 2021 versi mobile turut di-update pada Senin, 7 Juni 2021. Mode pertandingan dan turnamen diperbaharui isinya. Penggemar game sepakbola buatan KONAMI ini sekarang bisa memainkan negara-negara peserta Piala Eropa dengan para pemain terbaiknya.

Tim-tim EURO 2020 bisa dimainkan melalui "Mode eFootball" dan "Mode Acara". Kalau kita memilih mode Acara, ada dua tantangan yang bisa diikuti. Yakni "UEFA EURO 2020 Challenge" dan "National Teams Tour".

Namun, pada mode Acara kita tidak bisa bermain dengan tim nasional jagoan. Kita hanya bisa menggunakan klub yang sejak awal sudah kita daftarkan sebagai tim default untuk bermain PES 2021 mobile.

Jadi, pada Mode Acara kita akan mendapati pertandingan antara klub melawan negara-negara peserta EURO 2020. Meski tetap seru dan mengasyikkan, atmosfer EURO kurang bisa didapatkan karena idealnya pertandingan berlangsung antar tim nasional negara. Agak aneh memainkan Juventus melawan Portugal di Mode Acara.

EURO 2020 sudah hadir di PES 2021 Mobile | dok.pribadi.
EURO 2020 sudah hadir di PES 2021 Mobile | dok.pribadi.
Oleh karena itu, sebaiknya memilih Mode eFootball. Di sinilah pertandingan antar tim nasional peserta EURO 2020 bisa kita mainkan secara online.

Saat pertama masuk ke Mode eFootball kita harus lebih dulu memilih satu tim nasional. Sekali memilih negara tertentu, kita tidak bisa menggantinya. Itulah tim yang akan kita mainkan seterusnya di mode ini.

Saya memilih tim nasional Inggris karena pemainnya lebih banyak yang saya tahu. Penasaran juga bagaimana rasanya mengendalikan pemain-pemain terkenal yang selama ini hanya saya tonton permainannya lewat siaran langsung di TV.

Setelah menentukan tim nasional jagoan, kita bisa segera mengikuti "EUFA EURO 2020 Matchday". Di sini ada dua jalur turnamen yang bisa diikuti untuk merasakan laga EURO 2020. Secara umum tidak banyak perbedaan di antara keduanya. Asyiknya kita bisa mengikuti dua jalur turnamen tersebut secara bergantian sehingga lebih banyak pertandingan yang bisa kita mainkan.

Tim Inggris yang saya mainkan |dok. pribadi.
Tim Inggris yang saya mainkan |dok. pribadi.
Semakin asyik karena kita disuguhi grafik dengan tingkat realitas yang lumayan presisi. Suasana stadion dengan gemuruh penonton, suara komentator yang menyesuaikan jalannya pertandingan dan tidak asal bunyi, catatan statistik pertandingan, sampai detail seragam tim nasional pun sama dengan aslinya.

Begitu pula profil para pemain. Wajah, warna kulit, model rambut, hingga sepatu yang dikenakan sangat mirip dengan yang biasa kita saksikan di TV. Sampai gaya selebrasi khas pemain-pemain tertentu pun akan kita dapatkan di game ini. Demikian pula unsur emosi pemain akan tampak manakala terjadi insiden-insiden penting seperti terkena jebakan offside, pelanggaran, protes kepada wasit, dan mendapatkan kartu.

Inggris tampil hebat di PES 2021 Mobile |dok. pribadi.
Inggris tampil hebat di PES 2021 Mobile |dok. pribadi.
Semua itu sebenarnya bukan hal baru bagi penikmat game PES Mobile. Untuk urusan grafik dan detail pertandingan game ini memang sangat mengasyikkan. Bedanya sekarang semua disuguhkan dalam laga EURO, turnamen yang bagi banyak orang dianggap lebih seru dibanding piala dunia. Sebab persaingan antar negara-negara Eropa pada dasarnya memang lebih ketat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN