Mohon tunggu...
Wardatut Wardatut
Wardatut Wardatut Mohon Tunggu... maafi qolbi ghoirullah

bismillah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendekatan Filosofis dan Teologis

11 Desember 2019   19:08 Diperbarui: 11 Desember 2019   19:11 27 0 0 Mohon Tunggu...

TEOLOGIS
Suatu pendekatan yang normatif dan subjektif terhadap agama. pada umumnya, pendekatan ini dilakukan oleh penganut suatu agama dalam usahanya menyelidiki agama lain, dengan demikian pendekatan inj juga disebut dengan metode tekstual atau pendekatan kitabi yang mana selalu menampakkan sifatnya yang apologis dan dedukatif.
pendekatan ini juga dapat diartika sebagai upaya memahami agama dengan menggunakan kerangka ilmu ketuhanan yang bertolak dari suatu keyakinan bahwa wujud empiris dari suatu keagamaan dianggap sebagai yang paling benar dibandingkan dengan yang lain.

FILOSOFIS
pendekatan ini sama halnya dengan filsafat yang mana kata filsafat berasal dari bahasa yunani yang artinya cinta kebijaksanaan. selain itu filsafat berarti mencari hakikat sesuatu, berusaha menautkan sebab dan akibat.
dalam KBBI mengartikan filsafat sebagai pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai sebab-sebab, asas-asas, hukum dan sebagainya terhadap segala sesuatu yang ada di alam semesta ataupun mengenai kebenaran dan arti adanya sesuatu.

VIDEO PILIHAN