Berikut adalah 40 soal tertulis yang dapat digunakan untuk seleksi fasilitator Pembelajaran Mendalam  lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Soal-soal ini mencakup aspek pemahaman filosofi, peran fasilitator, pendekatan pembelajaran, asesmen, serta implementasi Kurikulum Merdeka yang berkaitan dengan Pembelajaran Mendalam.
A. Pemahaman Konseptual tentang Pembelajaran Mendalam
-
Apa tujuan utama dari Pembelajaran Mendalam?
A. Meningkatkan skor ujian akhir
B. Memenuhi target kurikulum
C. Menyelesaikan silabus dengan cepat
D. Mendorong pemahaman bermakna dan keterampilan abad 21
E. Menghafal konsep-konsep ilmiah secara utuh
Jawaban: D
Pembahasan: Pembelajaran mendalam fokus pada pemahaman konsep secara mendalam dan penerapannya dalam kehidupan nyata, bukan sekadar menghafal. Karakteristik utama Pembelajaran Mendalam adalah, kecuali...
A. Kolaboratif
B. Reflektif
C. Berbasis proyek
D. Berpusat pada guru
E. Kontekstual
Jawaban: D
Pembahasan: Pembelajaran Mendalam berpusat pada peserta didik, bukan guru.Pembelajaran Mendalam selaras dengan prinsip-prinsip berikut, kecuali:
A. Diferensiasi
B. Asesmen formatif
C. Transfer pengetahuan
D. Ceramah satu arah
E. Konstruktivisme
Jawaban: D
Pembahasan:Â Ceramah satu arah bukan pendekatan yang dominan dalam Pembelajaran Mendalam.Salah satu indikator keberhasilan Pembelajaran Mendalam adalah:
A. Siswa mampu meniru contoh guru
B. Siswa mengerjakan soal Ujian Nasional
C. Siswa mampu menghubungkan konsep dengan konteks nyata
D. Siswa menghafal teori dengan cepat
E. Siswa mengerjakan LKS secara cepat
Jawaban: CPerbedaan utama antara pembelajaran permukaan dan mendalam terletak pada:
A. Jumlah materi yang disampaikan
B. Durasi waktu belajar
C. Proses internalisasi dan refleksi peserta didik
D. Kecepatan menyelesaikan soal
E. Jenis media yang digunakan
Jawaban: C
B. Peran Fasilitator Pembelajaran Mendalam
Peran utama fasilitator dalam Pembelajaran Mendalam adalah:
A. Mengoreksi semua kesalahan peserta didik
B. Mengatur jadwal dengan ketat
C. Menjadi sumber utama informasi
D. Memandu proses berpikir kritis dan reflektif
E. Memberi tugas sebanyak mungkin
Jawaban: DFasilitator yang efektif akan melakukan hal berikut, kecuali:
A. Memberikan ruang dialog
B. Menunjukkan rasa ingin tahu
C. Mendominasi diskusi
D. Mendorong pertanyaan terbuka
E. Menyediakan umpan balik formatif
Jawaban: C-
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!