Mohon tunggu...
Wawan Kuswanda
Wawan Kuswanda Mohon Tunggu... Guru, Pelatih Pembina Pramuka, NSBPB, NSBO, Trainer, Fasilitator PM, MyViewBoard Ambassasor, Ketua KPPD Ciamis, Ketua PSLCC PGRI Kab.Ciamis, Pengurus MGMP Ekonomi SMA Kab.Ciamis, Biro 1 RAPIDA 10 Jawa Barat.

Saya seorang guru yang memiliki tekad setiap hari harus membuat sebuah prestasi baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Moto: Berprestasilah sebelum prestasi itu dilarang, jangan menua tanpa prestasi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kumpulan Prediksi Soal-Soal Tes Fasilitator Pembelajaran Mendalam (Part 1)

12 Juni 2025   07:23 Diperbarui: 15 Juni 2025   23:53 4475
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Soal Deep Laearning

Berikut adalah 40 soal tertulis yang dapat digunakan untuk seleksi fasilitator Pembelajaran Mendalam  lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan. Soal-soal ini mencakup aspek pemahaman filosofi, peran fasilitator, pendekatan pembelajaran, asesmen, serta implementasi Kurikulum Merdeka yang berkaitan dengan Pembelajaran Mendalam.

A. Pemahaman Konseptual tentang Pembelajaran Mendalam

  1. Apa tujuan utama dari Pembelajaran Mendalam?
    A. Meningkatkan skor ujian akhir
    B. Memenuhi target kurikulum
    C. Menyelesaikan silabus dengan cepat
    D. Mendorong pemahaman bermakna dan keterampilan abad 21
    E. Menghafal konsep-konsep ilmiah secara utuh
    Jawaban: D
    Pembahasan: Pembelajaran mendalam fokus pada pemahaman konsep secara mendalam dan penerapannya dalam kehidupan nyata, bukan sekadar menghafal.

  2. Karakteristik utama Pembelajaran Mendalam adalah, kecuali...
    A. Kolaboratif
    B. Reflektif
    C. Berbasis proyek
    D. Berpusat pada guru
    E. Kontekstual
    Jawaban: D
    Pembahasan: Pembelajaran Mendalam berpusat pada peserta didik, bukan guru.

  3. Pembelajaran Mendalam selaras dengan prinsip-prinsip berikut, kecuali:
    A. Diferensiasi
    B. Asesmen formatif
    C. Transfer pengetahuan
    D. Ceramah satu arah
    E. Konstruktivisme
    Jawaban: D
    Pembahasan: Ceramah satu arah bukan pendekatan yang dominan dalam Pembelajaran Mendalam.

  4. Salah satu indikator keberhasilan Pembelajaran Mendalam adalah:
    A. Siswa mampu meniru contoh guru
    B. Siswa mengerjakan soal Ujian Nasional
    C. Siswa mampu menghubungkan konsep dengan konteks nyata
    D. Siswa menghafal teori dengan cepat
    E. Siswa mengerjakan LKS secara cepat
    Jawaban: C

  5. Perbedaan utama antara pembelajaran permukaan dan mendalam terletak pada:
    A. Jumlah materi yang disampaikan
    B. Durasi waktu belajar
    C. Proses internalisasi dan refleksi peserta didik
    D. Kecepatan menyelesaikan soal
    E. Jenis media yang digunakan
    Jawaban: C

B. Peran Fasilitator Pembelajaran Mendalam

  1. Peran utama fasilitator dalam Pembelajaran Mendalam adalah:
    A. Mengoreksi semua kesalahan peserta didik
    B. Mengatur jadwal dengan ketat
    C. Menjadi sumber utama informasi
    D. Memandu proses berpikir kritis dan reflektif
    E. Memberi tugas sebanyak mungkin
    Jawaban: D

  2. Fasilitator yang efektif akan melakukan hal berikut, kecuali:
    A. Memberikan ruang dialog
    B. Menunjukkan rasa ingin tahu
    C. Mendominasi diskusi
    D. Mendorong pertanyaan terbuka
    E. Menyediakan umpan balik formatif
    Jawaban: C

  3. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    3. 3
    4. 4
    5. 5
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun