Wakuliner
Wakuliner

Marketplace Kuliner Pertama di Indonesia, untuk One-Stop Solusi Kuliner Anda. IG : @wakuliner FB : @wakuliner Download di Play Store & App Store : http://qrs.ly/ac68cjd

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Rahasia di Balik Nikmatnya Kerak Telor Betawi

9 September 2018   17:53 Diperbarui: 9 September 2018   18:10 228 0 0

Pesan Makanan Nusantara -- Siapa yang tidak tahu makanan legendaris yang  bahkan menjadi jajanan wajib jika berkunjung ke Jakarta? Kerak telor namanya, kerak telor adalah makanan khas Jakarta atau Betawi yang  terbuat dari bahan dasar beras ketan putih, telur ayam dan bawang merah goreng yang nantinya diberi bumbu halus meliputi cabai merah, kencur,  jahe, garam, gula pasir, merica butiran, dan suiran kelapa sangrai.

Pada artikel ini, Wakuliner yang memiliki jasa Pesan Makanan Nusantara akan memberikan tips dan bahan apa saja yang digunakan dalam pembuatan kerak telor sehingga memberikan sensasi kelezatan yang sangat khas.  Berikut ulasannya.

Bahan :

* 30 gram bawang merah, goreng kering

* 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis bumbu halus

* Bawang merah goreng khusus untuk taburan

* Bumbu yang dihaluskan, 4 buah cabai merah keriting, 1/2 sdt merica  butiran, 3 cm kencur, 1 cm jahe, 100 gram beras ketan putih, 250 ml air,  100 gram kelapa parut, sangrai untuk penabur, 15 gram ebi udang, seduh,  sangrai, dan haluskan dan 5 butir telur bebek

Cara pembuatan

* Rendam beras ketan putih di dalam air selama satu malam, tiriskan.

* Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum.

* Bubuhkan 1 1/2 sendok makan beras ketan putih pada wajan cekung yang  sudah panas. Siram dengan 3 sendok makan air redaman beras, biarkan  hingga agak kering.

* Pada satu tempat, kocok 1 butir telur bebek, 1/2 sendok teh bumbu  halus yang sudah ditumis, 1/2 sendok teh ebi, 1/2 sendok makan bawang  merah goreng, 1/8 sendok teh gula pasir, dan 1/8 sendok teh garam bubuk.

* Siram campuran tersebut ke atas ketan pada wajan, aduk sambil ratakan  dan atur ketebalannya dengan mengira-ngira. Tutup wajan hingga matang.  Balik wajan cekung di atas bara api, biarkan sampai benar-benar matang.

* Terakhir, taburi kelapa sangrai dan bawang goreng sebelum disajikan.

Bagaimana? Sederhana bukan resep kerak telor khas Betawi ini? Apakah  Kamu siap mencoba membuatnya di rumah? Jika Kamu punya ide untuk berbisnis kuliner, tidak ada salahnya memilih kerak telor sebagai  pilihan makanan, pasti banyak yang mencarinya mengetahui sekarang sangat jarang ditemukan penjual kerak telor.