Mohon tunggu...
Otoblogging
Otoblogging Mohon Tunggu... new day

Have a new day

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Performa Mesin Mobil Anda Menurun?

24 Februari 2021   11:32 Diperbarui: 25 Februari 2021   09:18 24 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Performa Mesin Mobil Anda Menurun?
asss-603709048ede4829523b5bd3.jpg

Performa Mesin mobil anda yang menurun biasanya terjadi karena usia dari mesin mobil anda yang sudah menua dan biasanya mesin diatas 5 tahun. Lalu apa penyebab performa mobil menurun setelah 5 tahun?

Salah satunya karena menumpuknya karbon di ruang bakar, yang menyebabkan performa mobil menurun secara drastis. Hal ini mempengaruhi konsumsi bahan bakar anda menjadi lebih mudah habis dan mesin kerap kali knocking. Tumpukan ini berasal dari pembakaran yang tidak sempurna, sehingga terjadilah penumpukkan karbon. Di jaman modern sekarang mobil dilengkapi dengan berbagai sensor, untuk menjaga pembakaran yang optimal.

Namun kualitas dari bahan bakar dan lalu lintas macet membuat mobil melakukan banyak STOP and GO dalam sekali jalan, dan pembakaran jadi tidak sempurna.

Selain penumpukan karbon, Mesin yang pernah overheat juga bisa jadi penyebab performa mobil anda menurun. Overheat terjadi akibat proses pendinginan mobil anda tidak bekerja secara maksimal dan suhu komponen lain mulai meningkat.

Lalu Filter Udara yang jarang dibersihkan, jika filter ini jarang dibersihkan maka sirkulasi udara akan terhambat dan konsumsi bahan bakar anda menjadi lebih boros.

Berikutnya Bahan Bakar yang tidak sesuai berdampak pada performa mobil anda. Menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil, berpengaruh dalam hal akselerasi, penumpukan sisa dari bahan bakar, dan konsumsi bahan bakar yang boros.

Selanjutnya ada faktor aki yang sudah mulai melemah, tegangan yang tidak stabil menuju ecu dan sensor saat mobil di starter, tergantung pada kondisi dari aki. Kinerja mesin anda dapat terganggu jika aki sudah melemah. Busi yang tidak diganti, bagi pengendara yang sering merawat mobilnya pasti sering mengganti busi dengan yang baru agar tidak terjadi kerusakan mesin. Pengendara yang jarang merawat mobilnya pasti jarang mengganti businya yang sudah berkerak, dan hanya membersihkan businya dengan sikat kawat. Busi yang disikat dengan sikat kawat menyebabkan kinerjanya tidak maksimal dari pada kinerja sebelumnya.

Untuk mobil yang masih memiliki performa bagus setelah 5 tahunan, bergantung pada sang pemilik yang sering merawatnya. Segera lakukan servis dan perawatan berkala pada mobil anda di bengkel langganan atau bengkel terpercaya. Lebih baik berhati-hati dari pada tidak peduli sama sekali.

VIDEO PILIHAN