Mohon tunggu...
Otoblogging
Otoblogging Mohon Tunggu... new day

Have a new day

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Lampu Indikator Oli Menyala Secara Mendadak

23 Februari 2021   15:07 Diperbarui: 23 Februari 2021   16:09 20 1 0 Mohon Tunggu...

bagi pengemudi yang sering mengganti olinya secara berkala pasti jarang mengalami hal ini, namun tidak dengan pengguna mobil yang jarang mengganti olinya atau merawat mesin. Lampu inidkator yang menyala secara mendadak ini menunjukkan ada suatu masalah pada oli mobil atau komponen yang menyimpan atau mengelola oli tersebut. berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mencari penyebab lampu indikator oli menyala mendadak.

Menepi Ke pinggir jalan

hal ini sudah tentu saja dilakukan, tidak mungkin anda akan memeriksa di tengah jalan. Setelah anda menepikan kendaraan ada ke pinggir jalan matikan mesin dan buka kap mobil tersebut.

Cek Volume Oli

Carilah Dipstick dan masukkan ke dalam tangki oli, sebelum dimasukkan pastikan dipstick bersih dari noda kotor. Cek apakah level oli berada di level aman atau tidak melalui garis di dipstick.

Tambahkan Oli

Jika saat dipstick diangkat dan level oli dibawah batas "low" tambahkan oli hingga mencapai batas "full". Oli yang Dibatas "low" atau berkurang karena ikut terbakar karena adanya piston yang sudah mulai aus. Atau bisa disebabkan adanya kebocoran, cobalah untuk mencari sumber kebocoran yang mungkin berasal dari filter oli yang tidak rapat atau gasket yang sobek.

Pompa Oli Yang Bermasalah

Saat oli sudah ditambahkan tapi lampu indikator masih menyala kemungkinan masalahnya terjadi di tekanan oli. Tekanan ini berasal dari pompa oli yang mendorong oli ke mesin. Pompa oli yang mengalami masalah biasa terjadi karena usia komponen yang sudah tua atau lama tidak di rawat. jika hal ini terjadi segera bawa mobil anda ke bengkel atau service mobil terdekat, dan sebaiknya tidak memaksakan mobil untuk berjalan lebih jauh lagi, sesuatu yang dipaksakan tidak akan berakhir dengan baik.

Begitulah hal hal yang dapat anda lakukan jikalau lampu indikator oli menyala secara mendadak Lampu indikator yang berada di dashboard ada berbagai fungsi, jika lampu ini menyala itu artinya ada suatu komponen yang bermasalah. Indikator oli bekerja normal ditunjukkan jika saat mobil dinyalakan indikator tersebut menyala dan mati secara otomatis.

VIDEO PILIHAN