Mohon tunggu...
Wajih
Wajih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakir Ilmu

Hanya manusia biasa yang berusaha menjadi manusia yang sebenar-benarnya manusia

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

10 Tips untuk Pemula Menjadi Konten Kreator

23 Juni 2021   22:58 Diperbarui: 23 Juni 2021   23:17 48 1 0 Mohon Tunggu...

Sebelumnya, penulis berterima kasih kepada kompasiana yang telah menyediakan wadah untuk sharing berbagai informasi. Tulisan ini dibuat guna memenuhi tugas dari mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi di program studi ilmu komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

APA ITU KONTEN KREATOR ?

Konten Kreator merupakan sebuah profesi yang membuat suatu konten, seperti; tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi tersebut. Konten dimuat di berbagai media, seperti; YouTube, Insagram, Blogger, Majalah, Koran dan berbagai platform media lainnya. Seorang konten kreator yang baik mempunyai kemampuan untuk mengatur jadwal, mengetahui industri yang dibuat kontennya, mempunyai gaya penulisan yang terkini, berpola pikir seperti audiens dan mempunyai wawasan yang luas

Dapat disimpulkan bahwa, konten kreator (dalam Bahasa Indonesia) adalah pelaku yang menghasilkan karya yang dimuat dalam media, baik media cetak ataupun media digital. Pelaku konten kreator harus mampu menyajikan konten yang berkualitas yang dapat menarik perhatian bagi para audiens

Saat ini, para pengguna sosial media sedang berlomba-lomba untuk menyajikan berbagai macam konten. Mulai dari Instagram, Line, Facebook, YouTube, TikTok ataupun platform lainnya. Orang ataupun kelompok tertentu yang membuat kontern disebut dengan Konten Kreator. Tetapi, untuk menjadi konten kreator bukanlah suatu hal yang mudah. Berikut, penulis akan memberikan sedikit tips buat kalian yang ingin menjadi konten kreator.

KEMAMPUAN DASAR UNTUK MENJADI KONTEN KREATOR

1. Niat

Yang pertama dan sudah pasti harus dimiliki oleh setiap konten kreator adalah Niat. Semua kegiatan yang berhubungan dengan konten kreator diawali dengan niat. Kalian harus mempunya niat dan tekad yang kuat dalam menyajikan konten yang berkualitas. Semakin niat yang kuat dan bulat, semakin pula kalian akan menjadi konten kreator yang berhasil.

2. Memulai

Jika sudah memiliki niat yang kuat, kalian harus segera memulai untuk mengeksplornya ke media. Jika kalian pemula dalam menyajikan konten, tidak mengapa jika konten kalian merasa kurang maksimal. Semuanya pasti akan mengalami kegagalan di awal memulainya, tetapi harus segera memulai dengan segera. Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?

3. Orisinil

Yang ketiga adalah orisinil, hal ini diperlukan agar kalian dapat menyajikan konten yang berbeda dengan lainnya. Konten orisinil dibuat sesuai keinginan kalian untuk isi dari konten tersebut. Bisa dimulai dari aktivitas sehari-hari, pengalaman, pengetahuan, tempat, makanan dan minuman, tutuorial, kecantikan, informasi, tips dan trik ataupun berbagai jenis konten lainnya. Kalian harus mempunyai identitas pada konten orisinil tersebut yang menjadikan kalian sebagai pembuatnya.

4. Mengamati

Mengamati menjadi salah satu point penting untuk menyajikan konten yang berkualitas. Kalian harus fokus untuk mengamati, baik dari konten sendiri ataupun konten milik orang lain. Menjadi pengamat merupakan hal yang bagus untuk membuat konten dikemudian hari. Mencari referensi dari konten lainnya menjadi pertimbangan untuk membuat konten yang baru sesusa ciri khas dari diri kalian.

5. Evaluasi

Jika sudah melakukan ke-empat point diatas, selanjutnya yang harus kalian lakukan yaitu Evaluasi. Apakah masih ada yang kurang, gagal, tidak sesuai harapan atau kejanggalan lainnya. Evaluasi menjadi sifat yang krusial untuk menyajikan konten sedang dijalani. Jangan pernah puas dengan konten yang sudah kalian buat, teruslah evaluasi dan belajar dari sebelumnya untuk menyajikan konten yang berkualitas kedepannya.

6. Editing

Editing merupakan suatu kegiatan untuk menyunting atau memperbaiki konten sebelum ataupun sesudahnya konten tersebut dipublikasi di media. Kemampuan editing penting untuk mencari perhatian para audiens dan menghasilkan konten yang tidak membosankan dan menarik untuk disimak.

7. Konsisten

Konsisten merupakan point ke tujuh dari tips menjadi konten kreator. Konsisten yang dimaksud disini ialah kalian harus fokus dengan isi konten yang akan dibuat. Semakin kalian fokus konsisten dengan isi dari konten tersebut, semakin maksimal pula output dari konten tersebut.

8. Promosi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN