Mohon tunggu...
Wajih
Wajih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fakir Ilmu

Hanya manusia biasa yang berusaha menjadi manusia yang sebenar-benarnya manusia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pengaruh Media Sosial dalam Kehidupan

6 Mei 2021   22:46 Diperbarui: 6 Mei 2021   23:12 72 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengaruh Media Sosial dalam Kehidupan
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Sebelumnya, penulis berterima kasih kepada kompasiana yang telah menyediakan wadah untuk sharing berbagai informasi. Tulisan ini dibuat guna memenuhi tugas dari mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi di program studi ilmu komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Dizaman sekarang ini, perkembangan suatu teknologi selalu berkembang sangat pesat. Begitupun juga adanya media sosial. Media sosial semakin berkembang dan rata-rata semua orang mempunyai media sosialnya sendiri, dari warga sipil biasa sampai ke orang nomor satu di suatu negara. Dalam laporan yang berjudul Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital, menyebutkan bahwadari total 274,9 juta penduduk yang ada di Indonesia, 170 juta diantaranya telah menggunakan media sosial. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa kurang lebih 61,8 persen penduduk Indonesia menggunakan media sosial. Pengguna aktif media sosial di Indonesia tumbuh sebesar 10 juta atau sekitar 6,3 persen. Generasi milenial menempati urutan pertama yang paling banyak mengakses media sosial dengan rentang usia 25 hingga 34 tahun. Dihimpun dari Kompas Tekno dari laporan We Are Social dan Hootsuite, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu tiga jam empat belas menit sehari untuk mengakses media sosial. dengan waktu tiga jam tersebut, merupakan hal yang sangat terbilang cukup lama di bandingkan dengan waktu kerja selama delapan jam. Berikutnya saya akan berbagi sedikit pengalaman menggunakan media sosial dibawah ini:

YouTube

YouTube merupakan sebuah situs web untuk berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan PayPal pada tahun 2005. YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Pada bulan Oktober 2006, Google.Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nila US$1,65 Miliar dalam bentuk saham.

Saya sendiri juga menjadi salah satu penikmat layanan media sosial YouTube ini. Saya cukup aktif menjadi penontonnya saja, bukan untuk content creator. Di akun YouTube saat ini, saya sudak mensubcribe kurang lebih sebanyak 38 akun channel YouTube. Beberapa diantaranya ialah channel YouTube dari teman, hal guna untuk sedikit membantu perkembangan dari channel teman tersebut dengan cara mensubscribenya.

Akhir-akhir ini, saya suka menonton channel dari akun yang bernama Asumsi. Channel Asumsi merupakan layanan yang sangat bermanfaat dan informasi yang sangat berguna dan berbobot. Seperti segment didalamnya yang bertajuk "Kerah Biru" yang berisi konten tentang eksploitasi suatu pekerjaan secara mendalam dan luas, serta segment "Distrik" yang menceritakan suatu culture di daerah-daerah tertentu.

Selanjutnya ialah dari channel VICE Indonesia. VICE Indonesia sendiri selalu menampilkan konten-konten yang unik dan menarik untuk disimak. Kontenya sendiri dapat membuka wawasan dan pengetahuan bagi para penontonnya. Seperti kontennya yang berjudul "Cara Anak Muda Bertahan dalam Kesibukan Kota Jakarta", "Mampir ke Ibu Kota Daging Ekstrem Indoensia", "Cap Tikus: Alkohol kebanggan Sulawesi Utara" maupun "Dinasti Penagih Utang dari Timur: The Debfathers". Sungguh banyak manfaat dan berbagai sudut pandang yang akan didapatkan setelah menonton dari channel tersebut.

WhatsApp

Whatsapp Mesengger atau yang biasa dengan sebutan WA adalah aplikasi media sosial pesan pribadi. Whatsapp menggunakan data seluler internet untuk dapat diaktifkan. Whatsapp sendiri dibuat oleh Brian Acton dan Jan Kaum pada tahun 2009. Pada 19 Februari 2014, Facebook Inc. mengumumkan akuisisi pada Whatsapp dengan nilai sebesar US$19 Miliar.

Whatsapp sendiri menjadi media sosial yang sangat banyak diminati oleh para masyarakat dunia. Media sosial ini mempunyai kelebihan, seperti; mudah digunakan, sinkronisasi kontak otomatis, dapat menghubungi orang di seluruh penjuru dunia, fitur back up chat, fitur stories dan segala kelebihan lainnya

Whatsapp sangat cocok untuk menjadi media sosial interaksi ke sesame penggunanya, baik dari keluarga, teman, ataupun pekerjaan. Karena fiturnya yang sangat simple dan sangat friendly ke penggunanya menjadi nilai plus bagi sosial media ini.

Facebook

Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Facebook diluncurkan pada bulan Februari tahun 2004. Pada bulan September tahun 2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg dan temannya Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes.

Saya sendiri pertama kali dan mulai aktif menggunakan Facebook sekitar tahun 2012. Jaman dulu, saya menggunakan Facebook sebagai sarana komunikasi dan informasi kepada teman-teman disekolahan. Menanyakan tugas, guru, kegiatan di sekolah ataupun kabar kedekatan seorang teman dengan gebetannya. Semua peristiwa tersebut dilakukan melalui media sosial Facebook

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN