Mohon tunggu...
Dayu Komang Wahyu Pradnyan
Dayu Komang Wahyu Pradnyan Mohon Tunggu... Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Hi, saya Wahyu Pradnyan, salah satu mahasiswa ilmu komunikasi semester 3 Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja. Disini saya mulai menulis, bukan hanya untuk menunjang mata kuliah, maupun tugas namun juga untuk meningkatkan minat dan bakat saya. Terimakasih sudah berkunjung.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Jangan Galau karena Vaksin, Yuk Literasi Edukasi

20 Januari 2021   09:31 Diperbarui: 20 Januari 2021   09:51 42 2 0 Mohon Tunggu...

Saat ini masyarakat Indonesia digemparkan dengan kedatangan hal yang telah lama di damba dan ditunggu oleh masyarakat. Tepatnya 6 Desember 2020 sebanyak 1,2 juta vaksin corona atau CoronaVac tiba di Indonesia. Tentu saja hal ini disambut sorak sorai oleh masyarakat Indonesia, kedatangan vaksin ini merupakan secercah harapan bagi kita semua untuk membebaskan diri dari penjara corona ini.

Namun bukan panggung namanya jika tak ada peran keduanya, ditengah hangatnya topik mengenai vaksin ini tak sedikit dari masyarakat yang kontra dengan adanya vaksinasi ini, beberapa masyarakat mulai ragu akan kualitas vaksin CoronaVac, hal iniadalah hal yang wajar dimana pastinya kita harus mengetahui apakah sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita 100% aman tanpa resiko yang fatal. 

Kontra masyarakat semakin menjadi-jadi hingga banyak masyarakat yang menentang dan memilih tidak ingin di vaksin oleh pemerintah. Kondisi ini tentunya menyulistkan pemerintah dalam upaya menghentikan penyebaran virus Corona. Masyarakat saat ini bagaikan perahu di tengah lautan tanpa kemudi, terombang ambing, bagaikan anak remaja baru putus cinta, menggalau karena vaksin.

Jangan galau, yuk literasi edukasi!!!

Dengan literasi edukasi mengenai vaksin maka keraguan kita akan semakin berkurang, ada banyak hal yang bisa kita dapat dengan memulai membaca dan mencari informasi mengenai vaksin CoronaVac ini. Mencari informasi diharapkan menghindari berita dari platform palsu atau tidak terverifikasi, kita sebagai masyarakat harus bisa cerdas memilih dan memilah segala informasi yang kita cerna dan kita konsumsi.

Sudah banyak dilansir di media pemberitaan Indonesia, seperti CNBC Indonesia mengenai mengapa Indonesia harus memakai vaksin Covid-19 Sinovac, disana dilansirkan bahwa Sinovac merupakan virus mati dan salah satu platform yang dikenal baik oleh Bio Farma, dimana Sinovac juga membuat beragam vaksin lainnya.

Dalam situs website covid19 Indonesia juga sudah terlampir beragam informasi mengenai perkembangan, hingga vaksin. Dimana masyarakat dapat mengajukan pertanyaan dan akan dijawab, sehingga platform ini seharusnya dimaksimalkan oleh masyarakat. Ini hanya tentang masyarakat, mulailah gencar mencari informasi, bekerja sama dengan pemerintah bukan hanya semata-mata memudahkan pemerintah namun juga demi kita semua. Pemerintah sudah mewanti-wanti dan berupaya demi masyarakat, tugas kita hanya mengikuti arus. Vaksin sudah digratiskan, kita semua harus bertahan hidup. Demi Indonesia Emas.

Hilangkan Galau, Literasi dan Edukasi Jawabannya.

Referensi:

cnbcindonesia.com (Diakses pada 19 Januari 2021)

covid19.go.id (Diakses pada 19 Januari 2021)

VIDEO PILIHAN