Mohon tunggu...
Wahyu Nur Saputra
Wahyu Nur Saputra Mohon Tunggu... Guru - SMK Telkom Bandung

#Sarjana Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom d.h. Institut Teknologi Telkom #Magister Teknik Elektro, Universitas Telkom #Guru Produktif Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi (TJAT), SMK Telkom Bandung #Asesor Kompetensi Jointer, LSP TPCC #Wakil Kepala Bidang Hubungan Industri dan Komunikasi, SMK Telkom Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendalaman Materi PPG Daljab 2022: LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah

31 Agustus 2022   23:00 Diperbarui: 31 Agustus 2022   23:08 35267
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah

Pendalaman Materi (Cont'd)

Pembelajaran Mata Kuliah ini dilaksanakan dalam bentuk analisis permasalahan pembelajaran yang ditemui dalam konteks kelas dan/atau sekolah dalam upaya pemecahan permasalahan tersebut. Permasalahan dapat meliputi  literasi, numerasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills). Kegiatan pembelajaran matakuliah ini terdiri atas tiga langkah: (1) identifikasi masalah, (2) eksplorasi penyebab masalah, dan (3) penentuan penyebab masalah. Aktivitas pembelajaran ini dilakukan secara daring dengan beban belajar 4 (empat) sks. (https://lms06-ppgdj.simpkb.id/)

Pada artikel kali ini saya akan membahas khusus terkait LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah yang saya pelajari dan pahami dari pembelajaran PPG Daljab sebelumnya.

Kegiatan eksplorasi penyebab masalah merupakan kegiatan mengeksplorasi kemungkinan penyebab masalah yang telah diidentifikasi pada materi sebelumnya. Dalam melakukan eksplorasi penyebab- penyebab masalah tersebut, mahasiswa dapat melakukan riset dengan melakukan kajian literatur, wawancara Guru/ Kepala Sekolah/ Pengawas Sekolah/ rekan sejawat di sekolah, wawancara pakar dan pihak terkait lainnya dengan bimbingan/ arahan dosen dan guru pamong.

LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah berupa tabel yang berisikan tiga kolom isian yaitu: Masalah yang Telah Diidentifikasi, Hasil Eksplorasi Penyebab Masalah, dan Analisis Eksplorasi Penyebab Masalah.

A. Masalah yang Telah Diidentifikasi

Pada kolom ini, saya diminta oleh dosen untuk memilih empat masalah yang menurut saya paling perlu lebih dahulu untuk disolusikan, berdasarkan LK 1.1 Identifikasi Masalah yang sudah dikerjakan sebelumnya. Keempat masalah yang telah diidentifikasi ini masing- masing mewakili jenis permasalahan yang berbeda (Lihat LK 1.1 Identifikasi Masalah). Kemudian, setiap masalah yang telah diidentifikasi, dijabarkan dengan mencari Hasil Eksplorasi Penyebab Masalah dan Analisis Eksplorasi Penyebab Masalahnya.

Pada LK. 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah saya, saya memilih empat Masalah yang Telah Diidentifikasi dari Jenis Permasalahan sebagai berikut.

1. Jenis Permasalahan: Pedagogik, literasi, dan numerasi

Masalah yang Telah Diidentifikasi: Kegiatan pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan rancangan yang tertuang dalam RPP, maupun kurangnya proses evaluasi pembelajaran

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun