Mohon tunggu...
Wahyu Safitriono
Wahyu Safitriono Mohon Tunggu... Mahasiswa

Keperluan Tugas

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tetap Mengabdi untuk Masyarakat dalam Kondisi Pandemi Covid-19

2 Agustus 2020   20:59 Diperbarui: 2 Agustus 2020   21:07 3 1 0 Mohon Tunggu...

(Solo, Agustus 2020) Sejak pandemi Covid-19 ini merambah ke negara kita di awal bulan Maret, sampai saat ini kasus positif Covid-19 dan meninggal terus bertambah setiap harinya. Kasus Covid-19 sudah terdapat di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya Kota Solo. Demi mematahkan penularan Covid-19 Universitas Sebelas Maret salah satu Universitas di Kota Solo mengeluarkan kebijakan untuk melaksanakan kuliah secara daring. 

Begitu pula dengan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tetap di laksanakan di saat kondisi pandemi Covid-19 ini yang dilakukan secara daring dan individu di daerah masing-masing. KKN kali ini dituntut melakukan pengabdian masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang di sebabkan Covid-19 ini.

Salah satu mahasiswa UNS jurusan Kimia FMIPA bernama Wahyu Nur Safitriono tetap melaksanakan KKN di kondisi pandemi Covid-19 ini. Mahasiswa ini melaksankan KKN di Kampung Gulon RT 03/RW 21 Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan masih banyak warga sekitar yang beraktivitas keluar rumah tanpa memperhatikan protokol kesehatan yang telah di tetapkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi lebih kepada warga sekitar agar lebih peduli terhadap protokol kesehatan yang ditetapkan.

Kegiatan yang dilakukan untuk mengedukasi warga dilakukan dengan banyak cara seperti membagikan poster mengenai Covid-19 secara online, memberikan tempat cuci tangan di beberapa toko serta mengajarkan bagaimana cuci tangan yang baik dan benar, memasang spanduk yang bertuliskan "Ayo Pakai Masker" dan "Starter Kit New Normal", serta ikut serta sebagai relawan cek suhu dan penyemprotan handsanitizer ketika pelaksanaan Ibadah Shalat Jumat sekaligus mengedukasi pengguaan masker yang baik dan benar.

Menjadi relawan cek suhu dan semprot hansanitizer | dokpri
Menjadi relawan cek suhu dan semprot hansanitizer | dokpri

Selain itu, juga dilaksanakan kegiatan Lomba Menggambar untuk anak-anak yang bertemakan "Pola Hidup bersih dan Sehat". Lomba ini diharapkan anak-anak dapat belajar sambil berkreativitas melalui sebuah gambar. Kegiatan ini juga dilakukan dengan mengedukasi anak-anak sekitar secara langsung mengenai pentingnya PHBS di kondisi Covid-19 dan tetap memperhatikan prokol kesehatan yang telah di tetapkan.

Penyerahan hadiah pemenang lomba menggambar | dokpri
Penyerahan hadiah pemenang lomba menggambar | dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x