Mohon tunggu...
Wahyuni IntanMutiara
Wahyuni IntanMutiara Mohon Tunggu... La tahzan innallaha ma’ana

yuni

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Melihat Peran Generasi Muda pada Hari Sumpah Pemuda di Tengah Pandemi

28 Oktober 2020   13:00 Diperbarui: 28 Oktober 2020   13:12 47 2 0 Mohon Tunggu...

"Sumpah  Pemuda merupakan peristiwa besar dan penting bagi bangsa kita. Begitu besarnya perannya hingga boleh dikatakan, bahwa kemerdekaan tidak akan diperoleh seandainya tidak ada Sumpah Pemuda,"

Sumpah Pemuda diawali dengan pergerakan di daerah dengan mendirikan organisasi yang bersifat kedaerahan. Konflik yang terjadi dengan penjajah bersifat lokal bukan nasional.

Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 ini akan diperingati di tengah pandemi COVID-19. Perayaan Hari Sumpah Pemuda tahun ini tentu saja berbeda karena tetap harus dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Jika pemuda tidak mengutamakan kesehatan publik, artinya dia hidup bukan untuk negaranya. Saat ini hidup untuk diri sendiri sulit dilakukan. Kita pasti tergantung kepada orang lain, maka harus menghargai kesehatan orang lain. Bekerja sama dan saling menjaga kesehatan adalah cara pemuda Indonesia berkontribusi untuk komunitasnya,"

Peran generasi muda, sebagai sosok yang kuat, yang tegar, yang penuh semangat dan energi, dapat membawa perubahan dengan Bersama-sama membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Dalam mengatasi permasalahan yang terjadi, semua masyarkat termasuk para generasi muda mempunyai peran dan tugas dalam menghadapi pandemi Covid-19, terutama pada generasi muda, usia muda merupakan waktu yang tepat untuk melakukan perubahan yang besar. Peran generasi muda ini sangat penting dan generasi muda bisa berperan sebagai pembawa perubahan yang besar, dengan semangat gotong royong para pemuda dapat bersama-sama melakukan Hal-Hal yang dapat memutus mata rantai virus Covid-19 dengan menjadi pelopor dan penggerak protokol kesehatan, generasi muda dapat bersama-sama melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan saat ini karena protokol kesehatan sangat penting untuk masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas sosial saat ini.

Dengan sosialisasi protokol kesehatan ini dapat meningkatkan rasa kewaspadaan masyarakat dan dapat mencegahnya penyebaran wabah Covid-19 ini. peran aktif para pemuda sangatlah dibutuhkan pada saat yang penuh tantangan ini, pemuda memiliki banyak peluang dalam mengatasi wabah covid 19 ini.

Beragam cara bisa dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-92 ini. Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya :

Pertama, menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92  dengan memasang spanduk, baliho, banner, media dalam/luar ruang dan media sosial.

Kedua, menjadikan Oktober sebagai bulan pemuda yang berisikan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang mengarah kepada menumbuh kembangkan semangat bersatu dan bangkit.

Dapat kita lihat dari berita ini bahwa pemuda sangat lah memberikan pengaruh besar, pemuda dapat diharapkan sebagai pembawa perubahan yang baik, apalagi disaat yang penuh tantangan ini, Indonesia sangat membutuhkan Pemuda yang penuh inovasi; yang mampu memberikan solusi, yang bisa membawa perubahan dan memberikan kekuatan yang besar dalam menghadapi Tantangan-Tantangan kedepannya.

Peringatan Sumpah Pemuda ini dapat kita jadikan sebagai pembangkit rasa persatuan dan rasa semangat yang besar terutama bagi generasi muda, peringatan sumpah pemuda bagi generasi muda indonesia dapat menumbuhkan rasa kerja keras, rasa persatuan dan kesatuan, rasa saling peduli, rasa saling berbagi, rasa simpati dan empati dan, semangat gotong royong dalam membangun suatu kebersamaan sebagai bangsa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x