Mohon tunggu...
Wahyu Indah Retnowati
Wahyu Indah Retnowati Mohon Tunggu... Blogger - penulis yangs suka baca buku dan menonton film

content creator dan script writer

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Euforia Menjadi Seorang Blogger, Sungguh di Luar Ekspektasi

27 Oktober 2023   12:06 Diperbarui: 27 Oktober 2023   12:54 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aktivitas ngeblog di tiap kesempatan. Sumber gambar : dokumen pribadi

Apa sih bangganya jadi blogger ? 

Empat tahun yang lalu mungkin aku belum bisa menjawabnya. Kala itu aku masih berkutat dengan dunia fiksi dan imajinasi yang membawaku terlalu asyik dengan dunia antah berantah. Negeri dongeng yang aku ciptakan sendiri melalui novel dan naskah skenario. Tapi setelah aku mengenal data dan angka, juga kepiawaian merangkai kata-kata di luar imajinasi lewat artikel, euforia itu pun akhirnya datang. 

Ya, welcome to new world. 

Dunia blogging termasuk baru buatku. Seolah aku memasuki semesta lain dengan beragam ilmu yang sebelumnya tak kukenal. Biasanya aku hanya mengolah kata. Sudah, selesai begitu saja. Tapi di dunia blogging, aku dituntut untuk bisa banyak hal. Harus bisa foto, bikin video, bikin infografis, bikin tulisan yang dikunjungi banyak pembaca. Aduuh,  berat buk. 

Kelihatannya sih berat. Tapi setelah dijalani ternyata beda loh. Ngeblog itu asyik dan menyenangkan. Aku seperti menemukan mainan baru yang membuatku enggan berpindah tempat. Terlalu asyik sampai aku lupa jalan pulang. Data dan angka itu aku padukan dengan kata-kata dan cerita, sehingga jadilah tulisan yang membuat pembaca ingin memandang. Aduh cantiknya, begitu mungkin pikir para pendatang ke blogku. Ya berharap begitu boleh dong, biar semangat terus nulisnya. 

Euforia Dunia Blogging Bikin Mata dan Hati Terpana


Siapa yang pernah mengalami jatuh cinta pada pandangan pertama. Aku mungkin mengalaminya ketika mengenal yang namanya blog. Sebagai orang yang menurutku gak gampang jatuh cinta, apalagi jatuh cinta pada pandangan pertama, itu sesuatu yang wow banget loh. 

Banyak teman baru dan ilmu baru yang aku dapatkan. Sesuatu yang belum tentu aku dapatkan ketika aku bertukat di dunia fiksi. Petualangan yang tak terlupakan dan tak tergantikan aku peroleh di blog. Tulisan menarik bukan sekadar dari rangkaian kata-kata. tapi juga dari data yang valid dan diolah menjadi informasi yang bermakna. 

Bisa gak sih aku jadi blogger sejati? 

Entahlah. Aku masih pemula dan masih banyak butuh ilmu. Belum banyak yang aku dapatkan dari blog. Masih banyak yang perlu aku perbaiki dari kemampuan menulis yang abal-abal. Itulah kenapa aku banyak belajar dari blogger yang lebih senior. Bisa gak sih aku seperti mereka yang mendedikasikan hidupnya untuk berbagi lewat tulisan. 

Bisa.

Dalam hati ingin aku mengatakan bisa. Tapi fakta terkadang membuatku ingin gigit jari. Tulisan mbak itu bagus banget. Tulisan mas yang itu keren banget sih, dalam banget dan bisa menjawai. Ternyaata punya pengalaman di negeri dongeng tak membuatku pawai menaklukkan negeri fana yang benar-benar ada. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun