Mohon tunggu...
Wahyu Blahe
Wahyu Blahe Mohon Tunggu... SEOptimizer

Guru SEO | Blogger Medan | Trainer - Speaker | Digital Marketing Consultant | 085261199133

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Fungsi SEO bagi Penjualan Online

23 Mei 2020   02:49 Diperbarui: 23 Mei 2020   02:50 15 0 0 Mohon Tunggu...

Berbicara mengenai fungsi SEO bagi penjualan online sebenarnya ada banyak sekali apalagi di era digital seperti sekarang. Salah satu fungsi paling nyata SEO bagi penjualan online adalah trafik potensial yang datangnya dari mesin pencari, baik itu Google, Yahoo, atau lainnya. 

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak memanfaatkan dengan baik SEO dalam pemasaran bisnis online, karena pada dasarnya semua bisnis online atau jualan online bisa melakukannya dan bisa mendapatkan benefit.

Kurangnya pemahaman dan pengertian akan pentingnya SEO bagi penjualan online mengakibatkan pelaku bisnis online alami ketertinggalan. Sementara itu bagi pelaku bisnis online yang go online pastinya bisa beradaptasi dengan baik dan akan semakin melejit.

Mengundang trafik yang potensial bagi penjualan Anda

Fungsi SEO bagi penjualan online yang pertama adalah mampu mengundang trafik yang potensial bagi penjualan Anda. Sederhananya seperti berikut, pada halaman website atau blog yang teroptimasi dari sisi SEO maka akan mendapat peringkat yang baik pula di mesin pencari. Tentu saja semakin baiknya posisi halaman situs Anda maka peluang untuk mendapat trafik yang potensial pun semakin besar.

Pengunjung potensial ini pastinya memiliki peranan penting bagi bisnis atau penjualan online Anda, sebab berpotensi menjadi calon customer atau konsumen Anda. Trafik potensial tersebut pastinya akan terus berkunjung ke situs website Anda untuk mencari apa yang mereka butuhkan. Namun demikian, apabila Anda asal dalam membangun sebuah situs website, maka hal tersebut akan sangat percuma dan tidak menghasilkan untung pula bagi penjualan online Anda.

Membantu meningkatkan brand awareness bisnismu

Apa itu brand awareness? Ini merupakan kemampuan yang dimiliki oleh calon konsumen Anda untuk mengenali, memahami, dan mengingkat merk atau brand Anda. Tentu saja semakin dikenalnya brand yang Anda miliki oleh khalayak luas, maka intensitas penjualan onlinemu pasti akan alami kenaikan.

Meskipun ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan brand awareness sebuah bisnis online. Tapi salah satu yang dianggap paling efektif adalah dengan melakukan optimasi website di mesin pencari. Pada saat pengunjung mencari informasi yang ada kaitannya dengan niche di website Anda, maka kemungkinan besar mereka akan mengingat dan kembali berkunjung ke website Anda.

Jadi, bisa Anda bayangkan sendiri bagaimana kalau pada akhirnya ada banyak sekali orang yang membuka website Anda. Tentunya brand bisnis onlinemu akan semakin populer dan dikenal para pengguna internet.

Memudahkan Anda mendapatkan data konsumen

Zaman sudah berubah kini kita hidup di era internet of things, jadi tidak heran jika semakin banyak saja orang yang rela mengeluarkan banyak uang hanya untuk memasang iklan di berbagai media periklanan. Tujuan dari pemasangan iklan ini tidak lain untuk mendapatkan data kontak penting calon konsumen atau pelanggan setianya.

Pertanyaannya, buat apa data konsumen tersebut? Melalui data para calon atau konsumen setia Anda maka Anda pastinya akan lebih mudah lagi menghubungi mereka kapan pun Anda mau. Misalnya saja pada saat Anda akan mengeluarkan produk baru, atau ketika Anda ingin memberi berbagai promo-promo khusus untuk menarik konsumen baru atau pelanggan Anda agar membeli produk Anda kembali.

Intinya di sini adalah agar Anda bisa selalu terhubung dengan konsumen. Pada saat situs Anda menempati posisi teratas di mesin pencari, maka akan semakin banyak lagi data calon konsumen dan pelanggan yang Anda dapatkan. Untuk menyimpan data-data penting tersebut Anda bisa menggunakan layanan Autoresponder.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x