Mohon tunggu...
Wahyu Sapta
Wahyu Sapta Mohon Tunggu... Penulis - Penulis #Peraih Best In Fiction Kompasiana Award 2018#

Menyatulah dengan alam, bersahabatlah dengan alam, ikuti alirannya, lalu kau rasakan, bahwa dunia itu indah, tanpa ada suatu pertentangan, damai, nyaman, teratur, seperti derap irama alam berpadu, nyanyian angin, nyanyian jiwa, beiringan, dekat tapi tak pernah berselisih, seimbang, tenang, alam, angin, jiwa, mempadu nyanyian tanpa pernah sumbang...

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Nikmatnya Tumis Ikan Asin Jambal Roti Tempe Lombok Ijo

3 Agustus 2021   07:24 Diperbarui: 3 Agustus 2021   17:40 653 30 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nikmatnya Tumis Ikan Asin Jambal Roti Tempe Lombok Ijo
Nikmatnya Tumis Ikan Asin Jambal Roti Tempe Lombok Ijo. Bisa menambah nafsu makan. | Foto: Wahyu Sapta.

Nah, ada cara agar ikan jambal roti ini tidak terlalu asin saat memasaknya. Setelah dibersihkan, rendam ikan dengan air panas selama kurang lebih limabelas menit. Kemudian ditiriskan, baru digoreng. 

---

Kemarin saya ke pasar diantar suami untuk membeli telur, karena persediaan habis. Saya memang terbiasa stok telur. Kalau mas-mas penjual sayur depan rumah tidak berjualan, masih ada telur yang bisa dimasak untuk sementara. Saya memang jarang ke pasar kalau tidak perlu banget. Maklum, masih pandemi.

Saat asik memilih telur, tiba-tiba suami bilang, "Bun, aku ke sana sebentar, ya." katanya sambil menunjuk ke dalam pasar. Saya hanya mengangguk karena masih sibuk berbelanja. Eh, tahu-tahu dia membawa tentengan tas kresek berisi sesuatu. 

"Beli apa, yah?"

"Eh, anu. Ayah beli ikan asin."

Saya tersenyum dalam hati. Ayah nih, kalau sudah ingin sesuatu, maunya beli sendiri. Tetapi memang sebenarnya saya jarang membeli ikan asin kegemarannya. Bukan apa-apa, kadang-kadang setelah menyantap ikan asin, dia suka pusing karena tensi. Nah kan, daripada rempong, saya memilih untuk tidak membelinya.

"Bun, nanti masak ikan asin yang pakai lombok ijo itu loh, pasti sedap." katanya. 

Karena dia minta agar saya memasak ikan asin dan membeli sendiri bahannya, maka tidak sampai hati untuk menolaknya. Sesekali tidak apa, asal tidak tiap hari. 

"Baiklah, siap Yah, hari ini Bunda juga pengin masak ayam buat anak-anak,"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x