Mohon tunggu...
Wafa Raihanah
Wafa Raihanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Masih dalam proses belajar dalam menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KKN Tematik UPI: Pengembangan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Literasi Siswa

27 September 2021   10:23 Diperbarui: 27 September 2021   10:48 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pemahaman literasi merupakan sesuatu yang penting dimiliki oleh setiap inidividu. Pengertian literasi sendiri menurut Elizabeth Sulzby pada tahun 1986 adalah kemampuan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam berkomunikasi seperti membaca, berbicara, menyimak dan menulis dengan cara yang berbeda sesuai dengan tujuannya. 

Jadi literasi bukan sekedar kemampuan membaca atau menulis, namun lebih dari itu. Literasi menjadi penting karena itu merupakan dasar kemampuan yang dimiliki individu untuk berinteraksi dengan dunia luar. Literasi dapat mengembangkan kemampuan akademik dan non-akademik individu. 

Terdapat berbagai macam bentuk literasi sesuai dengan tujuan pemahamannya, yaitu (1) Literasi baca-tulis, (2) Literasi numerasi, (3) Literasi sains, (4) Literasi digital, (5) Literasi budaya, dan (6) Literasi finansial.

Kemampuan atau pemahaman literasi suatu negara dapat diukur dengan tes PISA (Programme for International Student Assessment). Tes ini diikuti oleh lebih dari 70 negara. 

Hasil tes PISA terbaru yang dirilis tahun 2018 yang diikuti oleh 79 negara menunjukan skor Indonesia yang menurun dari skor tes sebelumnya pada tahun 2015. 

Dilansir dari liputan6, skor membaca Indonesia berada di peringkat 72 dari 77 negara, skor matematika menduduki peringkat 72 dari 78 negara, dan skor sains berada di peringkat 70 dari 78 negara. 

Merujuk pada hasil skor tes PISA tersebut, diperlukan adanya terobosan baru untuk meningkatkan minat literasi siswa. Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengusung tema literasi. Terlebih melihat waktu dilaksanakannya KKN bertepatan dengan adanya pandemi, maka tema ini dapat menjadi suatu sarana untuk pembuatan terobosan dalam mengembangkan model pembelajaran.

Pembelajaran daring cenderung membuat siswa menjadi jenuh karena terbatasnya kegiatan yang dapat dilakukan. Maka media pembelajaran yang dibuat pada masa pandemi sebaiknya dibuat lebih menarik untuk meningkatkan ketertarikan siswa terhadap topik yang dibahas. 

Pada pelaksanaan program KKN tematik UPI ini, dibuat suatu media pembelajaran berupa poster untuk siswa suatu SMP yang ada di Tangerang. 

Tujuan pembuatan poster adalah karena poster menyajikan bentuk-bentuk menarik dengan permainan warna. Dengan itu, diharapkan siswa menjadi lebih mudah menangkap dan tertarik untuk membaca pelajaran yang diberikan.

Selain itu dilakukan juga program gemar literasi sebagai penyuluhan untuk anggota OSIS SMP tersebut terkait literasi. Pada program itu diberikan pemahaman dan trick untuk meningkatkan minat literasi siswa. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun