Wadiyo
Wadiyo

I’m full blogger from Indonesia, and have been blogging since 2014. My skills are Finance and Accounting. My blog called ManajemenKeuangan.net to help people find the best finance and accounting reference.

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Tips Sederhana dan Mudah Menyusun SOP Akuntansi Keuangan

10 September 2018   18:25 Diperbarui: 11 September 2018   12:11 969 0 0
Tips Sederhana dan Mudah Menyusun SOP Akuntansi Keuangan
pixabay.com

Saat perusahaan atau organisasi bisnis ingin membuka rekening bank untuk tujuan tertentu, ada proses yang harus dilalui, sejak pengajuan hingga melaporkan nomor rekening bank.

Dan tidak bisa setiap orang atau setiap divisi dapat melakukannya. Ada pedoman prosedur kegiatan yang harus dipatuhi dan dijalankan.

Proses tersebut berupa pedoman yang mengatur kegiatan pembukaan rekening bank, mulai dari ruang lingkung, tujuan, siapa saja yang terkait, dokumen apa saja yang digunakan, sampai dokumentasi.

Pedoman itulah yang dikenal dengan Standar Operasional Prosedur. Salah satunya adalah SOP Akuntansi Keuangan yang mengatur prosedur pelaksanaan pembukaan rekening bank.  

SOP Akuntansi Keuangan merupakan implementasi nyata dari sebuah sistem keuangan.

Lalu, bagaimana cara membuat SOP Akuntansi Keuangan?   

Mari dibedah satu per satu..

Persiapan Membuat Standar Operasional Prosedur 

Sebelum menyusun Standar Operasional Prosedur, langkah pertama adalah melakukan pemetaan  proses bisnis perusahaan (Business Process Mapping).

Apa itu pemetaan proses bisnis?

Pemetaan proses bisnis adalah diagram yang menjelaskan tentang langkah penting dalam menyelesaikan suatu proses.

Setelah melakukan pemetaan semua proses bisnis dari awal hingga akhir, selanjutnya dijabarkan ke dalam SOP sesuai dengan format SOP yang dipilih, maka jadilah sebuah SOP perusahaan yang utuh.

Format dan Elemen Standar Operasional Prosedur (SOP)

Format SOP dapat berupa narasi, flowchart, checklist, video, atau image dengan penjelasan singkat.

Sedangkan elemen SOP terdiri dari:

  • Elemen Utama/Isi
  • Atribut (Header dan footer)

Sekarang kita bahas masing-masing elemen tersebut..

Elemen Utama

Elemen utama biasanya diletakkan pada batang tubuh SOP. Elemen-elemen utama tersebut antara lain:

1. Tujuan

Elemen ini menjelaskan mengenai tentang tujuan dibuatnya SOP. Misalnya untuk men-standarkan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan akuntansi keuangan.

2. Ruang Lingkup

Elemen ini menjelaskan mengenai ruang lingkup SOP. Misalnya, ruang lingkup SOP pembukaan rekening bank, maka penjelasan ruang lingkupnyaadalah "prosedur ini dimulai sejak surat permohonan pembukaan rekening bank diajukan oleh Divisi Keuangan sampai dilaporkannya nomor rekening bank"  

3. Penanggungjawab

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3