Mohon tunggu...
Veronika Gultom
Veronika Gultom Mohon Tunggu... Programmer - https://vrgultom.wordpress.com

IT - Data Modeler; Financial Planner

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Kemampuan MS Excel yang Dahsyat Namun Tetap Harus Hati-Hati

9 Juli 2021   23:12 Diperbarui: 10 Juli 2021   06:28 150 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kemampuan MS Excel yang Dahsyat Namun Tetap Harus Hati-Hati
sumber: windowsable.com

MS Excel, aplikasi yang merupakan bagian dari Microsoft Office, yang sering digunakan oleh orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan laporan-laporan keuangan, katanya. Memang bagian keuangan lebih banyak bekerja dengan table-table berisi angka, grafik, hitungan, dan berbagai analisa keuangan.

Namun pada dasarnya MS Excel dapat digunakan oleh siapa saja untuk keperluan model bisnis apapun. Yang harus dimengerti adalah bahwa MS excel dibuat berbasis table. Walaupun dapat dipakai untuk mengetik sebuah cerita, namun fungsi excel lebih kepada menyimpan dan memanipulasi data, bukan untuk mengetik paragraph.

Jika kita berbicara table, tentunya ada kolom dan ada juga baris. Nah disitulah data-data dapat disimpan, berdasarkan kolom dan baris. Contohnya data mahasiswa universitas ABC yang disimpan dalam bentuk table sebagai berikut:

contoh table
contoh table

Kemampuan menyimpan data oleh MS Excel pun cukup besar, dan dapat dipisah-pisahkan per worksheet/lembar kerja, namun tetap dalam satu file.

Excel juga memiliki kemampuan untuk import dan export data dari/ke table-table dalam database atau text file yang juga disimpan dalam bentuk kolom dan baris.

MS Excel  yang sangat powerful untuk dipakai bekerja dengan angka ini memiliki berbagai kemampuan untuk analisa mulai dari yang paling sederhana, seperti mencari nilai rata-rata, menjumlahkan angka dalam satu kolom atau table, sampai yang komplek misal memproyeksikan angka-angka dengan metoda tertentu, seperti yang sering dipakai untuk melakukan forecast budget. 

Membuat grafik tren berdasarkan angka-angka, misalnya tren penjualan berdasarkan data selama periode tertentu. Dan masih banyak lagi analisa-analisa berdasarkan data yang dapat dilakukan menggunakan excel.

Dari segi tampilan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Melihat dan menganalisa data yang "terlalu" banyak tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna. Untungnya excel dilengkapi dengan fitur-fitur untuk menampilkan data sesederhana mungkin, mudah dibaca, dan dianalisa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN