Mohon tunggu...
Vlomaya
Vlomaya Mohon Tunggu... VLOMAYA (Komunitas vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya)

VLOMAYA (Vlogger Kompasiana Pemerhati Budaya), bagi mereka yang suka menulis, yang suka membuat vlog atau video untuk berbagi. Berbagi apa saja, yang penting bermanfaat. Tagline: 'explore your (local) culture.' Ayo gabung bersama kami di wa group kami. Silakan kirim wa ke: 085313141496 atau email kami di: vloggerkompasiana@gmail.com See you guys .... ;)

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

[Bincang Online] Menguak Sisi Lain Meneliti Orangutan

15 Juli 2020   15:47 Diperbarui: 15 Juli 2020   15:54 26 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Bincang Online] Menguak Sisi Lain Meneliti Orangutan
Bisonamu #5 - Orangutan (Dokumentasi: Vlomaya)

Sobat Vlomaya,

Kopdar (kopi daring) kita kali ini melalui BISONAMU #5 (Bincang-bincang santai online nambah ilmu), kita akan menemui topik yang berbeda. Setelah di Bisonamu #4 kita kopdar tentang Videografi yang kemudian dilanjutkan dengan ekstra pendalaman materi Videografi yang diberikan dengan keikhlasan penuh pengajarnya yaitu mas Dimas Harya pada malam hari Senin, 6 Juli 2020.

Kali ini, kita kopdar tentang dunia yang agak serius dikit ... dikit ajaaa... nggak banyak-banyak, karena keseriusan ini akan kita coba ubah dengan bincang-bincang yang santai tapi tetap nambah ilmu, khas Bisonamu.

Mbak Uci, atau nama lengkapnya adalah Sri Suci Utami Atmoko, PhD., akan menjadi teman bincang-bincang kita, para sobat Vlomaya dimanapun anda berada. Mbak Uci, merupakan dosen di Universitas Nasional, Jakarta, dan mengambil program Doktor tentang Orangutan di Universitas Utrecht, Belanda.

Oya, nulis Orangutan yang benar, kata mbak Uci, nggak dipisah ya, jangan tulis Orang Utan, tapi tulisnya: Orangutan.

Orangutan? Iya, hewan langka dan sudah termasuk ke dalam hewan yang sangat-sangat di lindungi. Di Indonesia, Orangutan hanya dapat ditemui di Kalimantan dan Sumatera (bagian utara), tidak ada di tempat lain. Jadi sebetulnya bicara tentang Orangutan adalah membicarakan Indonesia.

Bincang-bincang online kita kali ini akan mencoba menggali cerita mbak Uci tentang kegiatan penelitiannya di wilayah Aceh, dan wilayah lain yang semuanya masih merupakan hutan yang alami, padat dan asli.

Kebayang nggak sih mbak Uci, yang adalah seorang wanita, mungil pula, berada di tengah-tengah hutan itu melakukan penelitian tentang Orangutan. Nggak horor tuh? Lalu, pertanyaan-pertanyaan seperti apa sih manfaatnya meneliti Orangutan bagi lingkungan dan bagi umat manusia? Juga, kenapa mbak Uci memilih Orangutan sebagai topik penelitiannya? Terus, apa mbak Uci nggak takut tuh kalau bertemu secara langsung dengan makhluk besar berambut coklat itu? Mereka kan besar-besar tubuhnya?

Nah, pertanyaan-pertanyaan seperti itu dan pertanyaan-pertanyaan menarik lainnya yang akan dicoba diulas oleh mbak Uci di acara Bisonamu #5 ini. Jadi, ikuti ya acaranya:

Hari, tanggal: Hari Jumat tanggal 17 Juli 2020

Waktu: Pk. 16.00 - 17.00 WIB,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN